PENINGKATAN KOMPETENSI MENGGAMBAR 3D SKECTHUP MELALUI PROJECT-BASED LEARNING DENGAN TUTOR SEBAYA
Studi Pada Kelas XI DPIB 1 SMKN 1 Cibnong Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.16194Keywords:
competency improvement, peer tutor, project based learningAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai dan keterampilan siswa pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Desain Interior Gedung. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus (siklus I dan siklus II) dengan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Siswa melaksanakan pembelajaran berbasis proyek; Artinya, siswa langsung berlatih menggambar dengan lembar kerja yang disediakan. Peran tutor sebaya disini adalah membantu guru dalam membimbing siswa dalam menyelesaikan proyek, didampingi dan diarahkan oleh guru. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pada siklus I aspek keaktifan siswa mencapai rata-rata 76% (Cukup Aktif) dan ketercapaian nilai pengetahuan 17,1% siswa berkompeten. Sebagai perbandingan, pencapaian skor keterampilan adalah 25,7% siswa berkompeten dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Maksimal) 76. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan dengan keaktifan siswa meningkat menjadi rata-rata 86% (Aktif), sedangkan pencapaian skor pengetahuan meningkat menjadi 91,43% siswa berkompeten dan pencapaian skor keterampilan juga meningkat dari segi ketuntasan belajar yaitu menjadi 94% siswa berkompeten.
Kata kunci: Peningkatan Kompetensi, Tutor Sebaya, Project Based Learning
Abstract
This study aims to improve students' scores and skills in the subjects of Software Application and Building Interior Design. The implementation of this classroom action research consisted of two cycles (cycle I and cycle II) with each cycle having two meetings. Students carry out project-based learning; that is, students directly practice drawing by the job sheets provided. The role of the peer tutor here is to assist the teacher in guiding students in completing the project, accompanied and directed by the teacher. The results obtained showed that in the first cycle, the student activeness aspect reached an average of 76% (Enough Active) and the achievement of the knowledge value was 17.1% of competent students. In comparison, the achievement of skill scores was that 25.7% of students were competent with KKM (Maximum Completeness Criteria ) 76. In the second cycle, there was a significant increase with student activeness increasing to an average of 86% (Active), while the achievement of the knowledge score increased to 91.43% of competent students and the achievement of skill scores also increased in terms of learning completeness, namely to 94 % of students are competent.
Keywords: Competency improvement, peer tutor, project based learning
References
Aprian, N. (2016). Perbedaan Menggambar Bangunan 3D AutoCAD dengan 3D SketchUp. Universitas Negeri Medan.
Budiyono. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada Program FTIK IAIN Pontianak Mengaji. 5(3), 499–510.
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941
Imantari, K., Nurdiana, E., & Kurniawati, M. U. (2020). Pelatihan Software Skecthup Kepada Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan Smkn 2 Surakarta Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi. Jurnal Khazanah Pengabdian, 02(1), 45–54.
Krisdianto, R. (2018). Penerapan Media 3D Sketchup Pada Model Pembelajaran Langsung Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak Di SMK Negeri 1 Bendo Magetan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2/JKPTB/18).
Malik, A. (2019). Tingkat Kesesuaian Soal Teori Uji Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan Dengan Standar Kompetensi Nasional Bidang Gambar Bangunan. JPTS, 1(1).
Nurachmat, S., Arthur, R., & Saleh, R. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak Kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Bekasi. Jurnal PenSil, 7(1), 8. https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.5
Prasetiyo, T., Setyosari, P., & Sihkabuden, S. (2018). Pengembangan Media Augmented Reality Untuk Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di Sekolah Menengah Kejuruan. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.17977/um031v4i12017p037
Putra, E. R., & Nadiar, F. (2020). Literatur Review : Studi Tentang Pengembangan Media 3D Sketchup Pada Materi Proyeksi Perspektif Dengan Menggambar Tampak Rumah Sederhana. Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(1), 1–10.
Putranto. (2020). Penerapan Tutor Sebaya untuk Meningkatan Keaktifan dan Kompetensi Siswa dalam Menggambar AutoCAD. PAEDAGOGIE, 15(1), 9–12. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v15i1.3404
Rizki, M., Murtinugraha, R. E., & Saleh, R. (2017). Faktor-faktor penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Pada Siswa (Studi kasus siswa kelas X TGB SMK N 1 Jakarta) pada tahun 2016. Jurnal PenSil Jurusan Teknik Sipil FT UNJ, 9(1), 1–9.
Susanti, V. D., Lusiana, R. L., & Andari, T. (2019). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 354. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2203
Tama, A. A. R., & Handayani, K. D. (2019). Pengembangan Media Sketchup Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Menggambar Detail Kusen Pintu Dan Jendela Kelas Xi Dpib Di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 5(1).