RELEVANSI MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN TERHADAP BAHAN BANGUNAN DI DUNIA INDUSTRI

Authors

  • Anestasya Ayunda Universitas Negeri Jakarta
  • Kusno Adi Sambowo Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.16564

Keywords:

Relevance, Building Materials, Infrastructure, Industry

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai dan keterampilan siswa pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Desain Interior Gedung. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus (siklus I dan siklus II) dengan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Siswa melaksanakan pembelajaran berbasis proyek; Artinya, siswa langsung berlatih menggambar dengan lembar kerja yang disediakan. Peran tutor sebaya disini adalah membantu guru dalam membimbing siswa dalam menyelesaikan proyek, didampingi dan diarahkan oleh guru. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pada siklus I aspek keaktifan siswa mencapai rata-rata 76% (Cukup Aktif) dan ketercapaian nilai pengetahuan 17,1% siswa berkompeten. Sebagai perbandingan, pencapaian skor keterampilan adalah 25,7% siswa berkompeten dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Maksimal) 76. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan dengan keaktifan siswa meningkat menjadi rata-rata 86% (Aktif), sedangkan pencapaian skor pengetahuan meningkat menjadi 91,43% siswa berkompeten dan pencapaian skor keterampilan juga meningkat dari segi ketuntasan belajar yaitu menjadi 94% siswa berkompeten.

Kata kunci: Peningkatan Kompetensi, Tutor Sebaya, Project Based Learning

Abstract

In the current era of the development of the infrastructure industry, the building material industry in Indonesia has developed very rapidly along with the increasing national economic conditions and innovative technological advancements. In connection with this progress, resulting in increasing needed human resources, especially students who are able to have the knowledge, competencies, and expertise in accordance with the progress and development of the building materials industry. Given the demands and encouragement from the industrial world, the Building Material Science Course is expected to be a means to shape these competencies by looking at the relevance of the development of innovative building materials, so that graduates are expected to produce students who have up-to-date knowledge and competencies related to materials building in the industrial world. The purpose of this article is to increase knowledge and information related to the development of building materials, especially buildings in the industrial world, through the study of Building Materials Science. The method used is the literature review. Literature study results show that learning from lectures is able to contribute to the increase in knowledge and competencies related to the development of building materials that are relevant to the industrial world, one of which is the Building Materials Science Course. The more competence of students regarding building materials, the building in any form can be easily realized when working in the industrial world.

Keywords: Relevance, Building Materials, Infrastructure, Industry

References

Ardinal., Wirni, R., & Haryati, N.A (2020). Pengaruh Penambahan Limbah Tongkol Jagung untuk Pembuatan Batu Bata Ringan. Jurnal Litbang Industri, 10(1), 39-45. https://doi.org/10.24960/jli.v10i1.6180.39-45.
Arifin, AN., Amri, FR. (2017). Relevansi Kompetensi Teknik Gambar Manufaktur Di SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Terhadap Kebutuhan Industri. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 105-110. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15997.
Duppa, H. (2016). Efektifitas Penggunaan Baja Ringan untuk Struktur Rangka Atap Gedung. Jurnal Ilmiah Teknik TEKSTUR KOTA, 7(2), 79-88. https://doi.org/10.31227/osf.io/sx5ag.
Hamdan, Suherman, A., & Ariyanto. (2015). Relevansi Materi Mata Kuliah Gambar Teknik Dan Materi Mata Pelajaran Gambar Teknik Dengan Materi Standar Uji Kompetensi. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(1), 48-58. HTTPS://DOI.ORG/10.17509/JMEE.V2I1.1153.
Hasbiallah. (2016). Relevansi Materi Hadis Pada Jurusan PAI Dengan Bahan Ajar Quran Hadis Pada Madrasah Tsanawiyah. Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1(1), 71-84. https://doi.org/10.15575/ath.v1i1.2436.
Hendriyani, I., Marini, A., & Putri, N.I. (2018). Analisis SWOT Pemilihan Material Dinding Bata Merah dan Bata Ringan di Penajam Paser Utara. Jurnal Teknik Sipil, 2(1), 22-32. https://doi.org/10.35334/be.v2i1.609.
Imran, M. (2019). Material Konstruksi Ramah Lingkungan Dengan Penerapan Teknologi Tepat Guna. Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa dan Teknologi, 6(2), 146-157. https://doi.org/10.37971/radial.v6i2.173.
Julistiana, E., Murtinigraha, R.E., & Bachtiar, G. (2018). Relevansi Materi Ajar Di Prodi PTB FT UNJ Dengan Materi Ajar Di SMK Program Keahlian Teknik Bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(1), 1-8. https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.1.
Melfianora. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Studi Literatur, 1-3.
Novianto, A., Suherman, A., & Ariyanto. (2015). Relevansi Materi Mata Kuliah Keahlian Otomotif Dengan Materi Mata Pelajaran Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Terhadap Materi Uji Kompetensi Keahlian Standar BSNP. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(1), 12-22. https://doi.org/10.17509/jmee.v2i1.1149.
Nugroho, et al. (2019). Healox Brick: Inovasi Batako Pendukung Konsep Prefebricate Building Yang Ringan, Ekonomis dan Ramah Lingkungan. Jurnal Proyek Teknik Sipil, 2(1), 25-30. https://doi.org/10.14710/potensi.2019.4799.
Pangaribuan, M.R. (2014). Baja Ringan Sebagai Pengganti Kayu Dalam Pebuatan Rangka Atap Bangunan Rumah Masyarakat. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 2(4), 648-655.
Purwanto, H. (2017). Analisis Efisiensi Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan. Jurnal Deformasi, 2(1), 26-36. https://doi.org/10.31851/deformasi.v2i1.2817.
Putra, K.H.N & Adi, T.J.W. (2018). Perbandingan Biaya Material dengan Memodifikasi Struktur Bangunan Menggunakan Beton Ringan pada Proyek Gedung Asrama Berlantai 5 LPMP Sumatera Barat. Jurnal Teknik ITS, 7(2), 121- 126. https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i2.36178.
Soepraptono., Jalinus, N., & Rizal, F. (2019). Relevansi Kompetensi Mata Pelajaran Produktif dengan Kompetensi Industri Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(3), 75-79. https://doi.org/10.24036/jptk.v2i3.3623.
Suwarsono & Suharto, HP. (2013). Relevansi Kurikulum Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta dengan Kebutuhan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 359-372. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1849.
Tanubrata, M. (2019). Bahan-Bahan Konstruksi Dalam Konteks Teknik Sipil. Jurnal Teknik Sipil, 11(2), 132-154. https:doi.org/10.28932/jts.v11i2.1407.
UNJ. (2017). Buku Pedoman Akademik Fakultas Teknik. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
UNJ. (2018). Peraturan Akademik Universitas Negeri Jakarta. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Widyawati, F., & Haqqi, T.A. (2020). Pemanfaatan Serat Sisal (agave sisalana L.) dan Limbah Plastik Pet untuk Pembuatan Bata Ringan CLC (Cellular Lightweight Concrete). Jurnal Tambora, 4(1), 21-25. https://doi.org/10.36761/jt.v4i1.566.

Downloads

Published

2020-09-23

How to Cite

Ayunda, A., & Sambowo, K. A. (2020). RELEVANSI MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN TERHADAP BAHAN BANGUNAN DI DUNIA INDUSTRI . Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 9(3), 183–191. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.16564