Pengembangan E-Module Konstruksi Bangunan pada Kompetensi Dasar Menerapkan Spesifikasi dan Karteristik Kayu
DOI:
https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i2.7241Keywords:
E Modul, Kurikulum 2013, Materi MengajarAbstract
MICHAELCUI. Pengembangan E-modul Konstruksi Bangunan pada penerapan spesifikasi dan karakteristik kayu pada SMK Negeri kelas X sesuai Kurikulum 2013. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Insinyur Sipil. Departemen Teknik Sipil. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2014.
E-modul ini dikembangkan untuk menerapkan spesifikasi dan karakteristik kayu pada SMK kelas X menurut Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang membantu siswa memahami dan mempraktekkan konsep konstruksi bangunan yang sesuai dengan kurikulum 2013.
Pengembangan ini dilakukan dan tes menggunakan e-module di SMK N 1 Jakarta. Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diberikan kepada siswa-siswi SMK N 1 Jakarta yang diujicobakan dan hasilnya menunjukkan bahwa kelompok siswa yang menggunakan e-modul mendapat skor yang lebih tinggi daripada kelompok siswa yang menggunakan metode konvensional, materi pengajaran yang memenuhi syarat sebagai pengajaran mandiri. bahan-bahan siswa SMA yang divalidasi oleh ahli penilaian ahli media (Kuliah dari UNJ Fakultas Pendidikan) dan ahli materi (Kuliah dari Teknik Sipil UNJ dan guru SMK N 1).
Saran untuk penelitian selanjutnya, pengembangan e-modul dapat dibuat untuk sub bab berikutnya dari pelajaran Konstruksi Bangunan dan juga untuk bahan ajar lain yang membutuhkan e-modul.
References
Matondang, Zulkifli. (2009). Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa Pps Unimed Vol.6 No.1. Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan.
Messick, Smuel. (1987). Validity. Educational Testing Service Princeton. New Jersey
Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan Volume 8 Nomor 1.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surapranata, Sumarna. 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Suyoso dan Nurohman. (2014). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Web Sebagai Media Pembelajaran Fisika. FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.