PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUTOCAD BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DALAM BENTUK CAKRAM OPTIK

Authors

  • State University of Jakarta
  • State University of Jakarta
  • State University of Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpensil.v1i1.9809

Abstract

The design of this innovative work does in order to enhance to quality of learning for the students and create some variations in learning especially in studying AutoCAD. The implementation time of designing this work starts from December 1st, 2011 until December 31st, 2011.

Designing this innovative work engages seven steps. Those are observation, compilation of material, compilation of information path, data compilation, initial elaboration, evaluation, and final elaboration. Evaluation steps are implemented in two phases of validation and revision. The first validation phase is media validation done by the
media expert from the Learning Centre – State University of Jakarta (Pusat Sumber Belajar – PSB UNJ). The second validation is the substantial and instructional validation which is executed by two teachers of AutoCAD in SMKN Jakarta.

The results of validation show that the design of the media reaches the marvelous qualification level based on the validation from the media expert which gives the point 4.49 in the scale of 5, and based on the validation of substantial and instructional which shows the result of 4,23 in the scale of 5. From the review, we can summarize that this learning media is analyzed as a good and development needed for the institution needed around this country.

Author Biography

, State University of Jakarta

Perancangan Karya Inovatif ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas belajar siswa dan menciptakan variasi belajar siswa pada mata pelajaran AutoCAD. Waktu Perencanaan Karya Inovatif ini dilakukan mulai tanggal 1 Desember 2011 sampai dengan 31 Desember 2011.

Perancangan Karya Inovatif ini dilakukan berdasarkan tujuh tahap. Ketujuh tahap itu adalah: observasi (pengumpulan data), penyusunan materi, penyusunan alur informasi, kompilasi data, pengembangan awal, evaluasi dan pengembangan akhir. Evaluasi dilaksanakan dengan 2 tahap validasi dan revisi. Tahap validasi pertama adalah validasi media yang dilaksanakan oleh ahli media dari Pusat Sumber Belajar (PSB) UNJ. Tahap validasi kedua adalah validasi substansi dan instruksional yang dilaksanakan oleh 2 orang guru pengajar AutoCAD di SMKN Jakarta.

Hasil validasi menujukan bahwa media yang dikembangkan berada pada kualifikasi sangat baik sesuai dengan hasil validasi ahli media yaitu 4,49 dari skala 5, validasi ahli substansi dan instruksional yaitu 4,23 dari skala 5. Dari review yang dilakukan, media pembelajaran yang telah dibuat ini dinilai baik dan perlu dikembangkan untuk lembaga-lembaga yang memerlukan di tanah air

Published

2012-02-25

How to Cite

Fajri, Adhi, & Arris. (2012). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUTOCAD BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DALAM BENTUK CAKRAM OPTIK. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 1(1), 41–51. https://doi.org/10.21009/jpensil.v1i1.9809