PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGELUARAN PUBLIK DAN KESETARAAN GENDER TERHADAP DIGITAL SKILLS DI OECD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa adanya pengaruh tingkat pendidikan, pengeluaran publik dan kesetaraan gender terhadap digital skills di negara OECD. Penelitian ini menggunakan data panel negara OECD dalam kurung waktu tahun 2017 sampai 2018. Penelitian ini juga menggunakan teori pertumbuhan ekonomi endogen sebagai grand teorinya. Data yang digunakan telah melalui uji normalitas menggunakan metode regresi dan di olah menggunakan Eviews 11. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pendidikan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap digital skills tenaga kerja dengan nilai probabilitas sebesar 0,0017 < (0,05), pengeluaran publik berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap digital skills tenaga kerja dengan nilai probabilitas sebesar 0,1746 > (0,05) serta kesetaraan gender juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap digital skills tenaga kerja dengan nilai probabilitas sebesar 0,0001 < (0,05).