THE USE OF ONLINE-BASED FLIPPED CLASSROOM LEARNING MODELS IN INCREASING STUDENT INTEREST AND LEARNING OUTCOMES

Authors

  • Hana Nida Kamila universitas negeri jakarta
  • Roni Faslah Faculty of Economics, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Sholikah Faculty of Economics, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/jpepa.0401.14

Keywords:

Student Interest, Learning Outcomes, Online Learning, Flipped Classroom

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Flipped Classroom berbasis online. Penelitian ini dilakukan di SMK N 3 Jakarta tahun 2022 untuk kelas XII OTKP sebanyak 35 siswa. Data minat belajar diperoleh melalui angket dan observasi, sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar pada setiap akhir tindakan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil observasi penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbasis online mampu meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh dari prosentase minat belajar pra siklus sebesar 39,14%  meningkat pada siklus 1 menjadi 67,71%, dan pada siklus 2 menjadi 80,86%. Berdasarkan kuesioner penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom mampu meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh dari kategosi lemah pada pra tindakan menjadi kategori kuat pada siklus I dan siklus II. Bahwa model pembelajaran Flipped Classroom berbasis online mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan perkembangan ketuntasan (KKM) 42,86% pada pra tindakan, 68,57% pada Tindakan awal siklus I dan 85,71% tuntas pada siklus I.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Kamila, H. N., Faslah, R., & Sholikah. (2023). THE USE OF ONLINE-BASED FLIPPED CLASSROOM LEARNING MODELS IN INCREASING STUDENT INTEREST AND LEARNING OUTCOMES. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, Dan Akuntansi, 4(1), 205–218. https://doi.org/10.21009/jpepa.0401.14

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>