PENILAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui penilaian hasil belajar matematika di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif pada kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Kramat Jati 16 pagi yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, jenis instrument, dan pemberian interpretasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan guru kelas dan kepala sekolah, serta pengamatan pada kegiatan penilaian hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan penilaian termuat didalam RPP, dibuat sendiri oleh guru yang mencakup penyusunan alat ukur (2) Pelaksanaan penilaian ditandai dengan adanya penilaian reflektif, formatif, dan sumatif, dengan waktu pelaksanaan yang masih disamaratakan antara siswa berkebutuhan khusus dengan siswa pada umumnya (3) Guru membuat bentuk tes khusus pada penilaian sumatif (4) Penafsiran penilaian hasil belajar menggunakan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), bagi siswa berkebutuhan khusus terdapat pengecualian dalam penafsiran nilai.