PELAYANAN PENDIDIKAN ANAK DENGAN GANGGUAN AUTISME DI SEKOLAH DASAR ISLAM FITRAH AL-FIKRI

  • Nita Apriyani
Keywords: Pelayanan Pendidikan, Pelayanan Anak dengan Gangguan Autisme, Anak dengan Gangguan Autisme di Sekolah Inklusif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan kepada anak dengan gangguan autisme di Sekolah Dasar Islam Fitrah Al-Fikri, Depok. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pendekatan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, ketekunan pengamatan, analisis kasus negatif, dan kecukupan referensial. Berdasarkan hasil penelitian, Sekolah Dasar Islam Firah Al-Fikri sudah menerapkan beberapa hal yang harus dipenuhi dalam memberikan layanan untuk anak dengan gangguan autisme.Penerapan modifikasi kurikulum dengan membuatkan PPI, penilaian atas dasar kemampuan siswa, juga menyediakan fasilitas berupa sarana dan prasarana berupa ruang remedial yang dapat digunakan saat pembelajaran. Selain itu masih ditemukan beberapa kekurangan yang diberikan Sekolah Dasar Islam Fitrah AL-Fikri terhadap anak dengan gangguan autisme, seperti tidak adanya kontrol dalam pelaksanaan Program Pembelajaran Individu, dan belum adanya kerja sama yang baik dalam penyusunan kurikulum bagi anak dengan gangguan autisme. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan bagi sekolah untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dari sekarang.

Published
2018-01-25