PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA HAMBATAN PENDENGARAN DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF
Studi Deskriptif di SDN Kelapa Gading Timur 04 Pagi, Jakarta Utara
Keywords:
Pelaksanaan Pembelajaran, Siswa Hambatan Pendengaran, Sekolah Penyelenggara Pendidikan InklusifAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah memperoleh deskripsi secara objektif mengenai kondisi pendidikan inklusif bagi siswa hambatan pendengaran dengan memperbanyak pemahaman mengenai pembelajaran siswa hambatan pendengaran di dalam sekolah penyelenggara pendidikan inklusif mulai dari kurikulum yang digunakan, Program Pembelajaran Individual, perencanaan pembelajaran, proses, hingga evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan selama bulan Februari hingga Juni 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pada kurikulum yang digunakan sekolah tak adanya modifikasi, 2) Program Pelayanan Individual yang diperlukan bagi siswa hambatan pendengaran tidak diaplikasikan dengan baik, 3) Guru kelas dan guru pembimbing khusus tak mempersiapkan modifikasi perencanaan pembelajaran khusus bagi siswa hambatan pendengaran, 4) Proses pembelajaran kurang disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran siswa hambatan pendengaran, 5) Guru tidak melakukan modifikasi evaluasi bagi siswa hambatan pendengaran.