PELAKSANAAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF DAN BAHASA EKSPRESIF ANAK TUNARUNGU KELAS TK 1 A

STUDI DESKRIPTIF DI LPATR PANGUDI LUHUR, KEMBANGAN JAKARTA BARAT

  • Lulu Fatimah
Keywords: Pelaksanaan Pengembangan, Kemampuan Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif, Anak Tunarungu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pengembangan kemampuan bahasa reseptif dan bahasa ekspresif anak tunarungu di kelas TK 1 A LPATR Pangudi Luhur. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan memberi kosakata sebanyak-banyaknya terhadap anak tunarungu maka bahasa reseptif anak tunarungu akan semakin bertambah sehingga bahasa ekspresif anak tunarungu akan muncul dengan sendirinya bergantung pada kemampuan masing-masing anak.

Published
2018-02-06