PERANAN GURU DALAM MENANGANI SISWA DENGAN GANGGUAN AUTISME DI SEKOLAH INKLUSIF

STUDI DESKRIPTIF DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU RUHAMA

  • Yusita Widiningtyas
Keywords: Peranan Guru, Menangani Siswa dengan Gangguan Autisme, Sekolah Inklusif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi mendalam tentang peranan guru kelas dan guru pendamping khusus dalam menangani siswa dengan gangguan autisme yang ada di sekolah inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, dimana peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data yang dilakukan dengan menggabungkan dan membandingkan data dari hasil observasi dengan data dari hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dari peranan guru kelas dan guru pendamping khusus dalam menangani siswa dengan gangguan autisme yaitu sebagai sumber belajar guru harus menguasai materi pelajaran, sebagai fasilitator guru harus memberikan pelayanan untuk mempermudah siswa, sebagai pengelola guru harus mengelola kelas dengan baik, sebagai demonstrator guru harus menunjukkan sikap-sikap terpuji, sebagai pembimbing guru harus membimbing siswa menemukan bakat dan potensinya, sebagai motivator guru harus memotivasi minat siswa dalam belajar, dan sebagai evaluator guru harus mengevaluasi keberhasilan atau kekurangan siswanya.

Published
2018-01-25