KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK AUTIS DI SEKOLAH (WINDSOR HOMESCHOOLING KELAPA GADING)

  • Fitri Anjar Sari
Keywords: Kemampuan Berkomunikasi, Anak Autis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memaparkan Kemampuan berkomunikasi seorang anak autis secara verbal dengan guru dan teman-teman saat berada di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan subjek memiliki kemampuan berkomunikasi nonverbal seperti gerakan tubuh, dan ekspresi wajah. Subjek dapat berbicara tapi belum bisa menggunakan bahasa verbalnya sebagai suatu komunikasi. Komunikasi yang  diperlihatkan oleh subjek, suatu proses peniruan komunikasi orang lain yang terjadi selama berinteraksi sosial. Sehingga ia masih mengulang perkataan yang ia dengar. Akibatnya anak terkadang meniru ucapan dan menjawab dengan pengucapan artikulasi yang kurang jelas. Implikasi dari penelitian ini adalah anak autis yang sudah memiliki berbagai kemampuan berkomunikasi dengan segala keterbatasannya, dapat diikutsertakan untuk berinteraksi langsung kedalam lingkungan masyarakat.untuk perkembangan komunikasi selanjutnya dengan program yang lebih baik sehingga sekolah lain dapat ikut serta dalam memberikan pelayanan pendidikan serupa bagi anak autis.

Published
2018-01-25