PEMBELAJARAN KOMPUTER/TIK UNTUK SISWA DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN TINGKAH LAKU (GETL) DI SMPLB-E HANDAYANI (KELAS VIII)

  • Yuly Tanjung
Keywords: Pembelajaran Komputer, Siswa dengan Gangguan Emosi dan Tingkah Laku (GETL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih lanjut dan memperoleh informasi secara lebih mendalam mengenai Pembelajaran komputer/TIK (Teknologi Informasi dan komunikasi) bagi Anak Gangguan Emosi dan Tingkah Laku di kelas VIII SMPLB-E Handayani. Dimana yang menjadi fokus penelitian ini adalah perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran komputer/TIK (Teknologi Infromasi dan Komunikasi) tersebut. Penelitian ini mengguanakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menurut miles and huberman. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa metode praktek terlihat lebih efektif digunakan dalam pembelajaran komputer untuk anak dengan gangguan emosi dan tingkah laku (GETL) karena mereka cenderung lebih aktif dan mudah bosan. Adanya metode simulasi dan aktivasi internet yang digunakan juga membuat para siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran dari pada metode ceramah.  Metode tersebut juga mungkin dapat digunakan dalam pembelajaran lain untuk meningkatkan motivasi para siswa.

Published
2018-01-25