PEMBELAJARAN MENGENAL DIRI SENDIRI BAGI ANAK AUTISME DI SEKOLAH TERPADU MUTIARA HATIKU
Keywords:
Pembelajaran, Identitas Diri, Anak dengan AutismeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi berupa data yang mendalam mengenai gambaran pelaksanaan pembelajaran mengenal diri sendiri bagi anak dengan autisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan pembelajaran berupa RPP dan PPI, dibuat berdasarkan kurikulum yang telah dimodifikasi sesuai dengan kondisi peserta didik. (2) Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran mengenal diri sendiri ialah dengan metode demontrasi dan tanya jawab.(3) Media pembelajaran yang digunakan berupa powerpoint yang di fungsikan menggunakan media komputer. (4) Proses Pembelajaran mengenal diri sendiri menggunakan pendekatan individual didalam kelas klasikal serta guru memberikan penguatanketika proses pembelajaran berlangsung berupa pelukan dan pujian, dan (6) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan tes lisan, penilaian dilakukan tanpa menggunakan skor nilai.