PENGEMBANGAN ALAT PENILAIAN PRAKTIK RESERVATION CONVERSATION MENGGUNAKAN APLIKASI VE-RUBRIC DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AKOMODASI PERHOTELAN
DOI:
https://doi.org/10.21009/jppv3i1.03Keywords:
Alat penilaian praktik, Reservation Conversation, Ve.RubricAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan alat penilaian di sekolah yang masih dilakukan secara konvensional (paper-based). Dalam perkembangan teknologi di dunia pendidikan yang berimplikasi pada pengembangan penilaian. Kondisi tersebut menunjukkan perlunya pengembangan rubrik penilaian berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat penilaian praktik Reservation Conversation menggunakan VE. Rubric di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, expert judgement, serta angket respon kepada guru mata pelajaran front office di SMK. Hasil validasi pengembangan alat penilaian adalah: (1) ahli penilaian menilai sangat layak dengan persentase sebesar (85,7%). (2) ahli materi menilai sangat layak dengan persentase sebesar (97,5%). Implementasi dilakukan dengan uji coba terbatas pada 6 orang peserta didik di SMK. Evaluasi diisi dengan kegiatan pengisian angket kuesioner usability respon guru terhadap implementasi yang telah dilakukan, dengan hasil guru menilai layak dengan persentase (79,3 %). Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa alat penilaian praktik Reservation Conversation menggunakan VE. Rubric layak digunakan.