PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KINESTETIK

  • NURHAZIZAH NURHAZIZAH PAUD PPs Univeristas Negeri Jakarta

Abstract

The aim of this research is to improve the ability to mathematics early children. This
Research methods action research and in this research there are two variable mathematical skills
are beginning (Y) and learning strategies kinestetik (X). results of the study showed the
percentage pecapaian industry there is an increase in pre cycle only 43.13 percent stelah his
actions of the cycle I increased to 58.93 percent, and in the cycle II increased to target to 84.31
percent. While from indicators, which is examined indicators 1 is the highest classification
menperoleh 57.31 % which means that almost all the children to be able to control indicator.
While leading indicators 3 is arranging a percentage price low 52.72 percent. From the end
result cycle II children who have the highest of 92.86 percent, by respondents MKL and RN.
While the lowest with the acquisition percentage average 76.79 percent, ANG and BM.


Keywords: Pre-Math, Learning Strategies, Kinestetik


Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan matematika awal anak.
Penelitian ini menggunakan metode action research dengan dua variable yaitu kemampuan
matematika awal (Y) dan strategi pembelajaran kinestetik (X). Hasil penelitian menunjukkan
persentase pecapaian keseluruhan terjadi peningkatan pada pra siklus hanya 43,13% stelah
dilakukannya tindakan pada siklus I meningkat menjadi 58,93%, dan pada siklus II meningkat
sesuai target yaitu menjadi 84,31%. Sedangkan dari indikator yang diteliti indikator 1 yaitu
klasifikasi menperoleh hasil tertinggi 57,31% yang artinya hampir semua anak mampu menguasai
indikator ini dengan baik. Sedangkan indikator 3 yaitu mengurutkan memperoleh persentase ratarata terendah 52,72% . Dari hasil akhir siklus II anak yang memperoleh hasil tertinggi sebesar
92,86% diperoleh oleh responden MKL dan RN. Sedangkan yang terendah dengan perolehan
persentase rata-rata 76,79% diperoleh ANG dan BM.


Kata Kunci: Matematika Awal, Strategi Pembelajaran, Kinestetik

Published
2014-11-11
How to Cite
NURHAZIZAH, N. (2014). PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KINESTETIK. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 337 - 346. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3599