PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI LESSON STUDY

  • EUIS ATIH MARYATI SD Negeri Karangsambung II Majalengka

Abstract

Abstract: The objective of the research is to improve teacher ability on the science learning
through lesson study. This study used Kemmis and Taggart design. Thisresearch processinclude:
planning, implementation, observationandreflection. The results ofthis study as follows: (1) The
ability of teachersSDNKarangsambungIIafter followinglesson studyin an effort toimprove the
abilityto implementscience learningusingparticipatorylearning methodsincreasedsignificantly. The
abilityof teachersto implementscience learningusingparticipatoryteaching methodsin
thefirstcycleonlyreached an average of69,5, while in thesecondcyclereachedan average of76,0. (2)
studentsinthe learningactivityin thefirstcycleonlyreached an average of64,5there was an
increasein the second cyclewhichreached an average of77,0, andseen fromthe end of thetest
scores66,1 in thefirstcycleonlyachieveverysignificantincreasereaching74,6. That is, throughlesson
studyto improve the abilityof teachersto implementlearning.

Keywords: The Ability ofTeachers, Learning IPA, Lesson Study

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran IPA
melalui lesson study. Penelitian dengan desain Kemmis dan Taggart. Proses penelitianini meliputi:
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1)
Kemampuan guru SDN Karangsambung II setelah mengikuti lesson study dalam upaya
meningkatkan kemampuan melaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode
pembelajaran partisipatifmeningkat signifikan. Kemampuan guru dalam melaksanakan
pembelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran partisipatif pada siklus pertama
hanya mencapai rata-rata 69,5, sedangkan pada siklus kedua berhasil mencapai rata-rata 76,0; (2)
Aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus pertama hanya mencapai rata-rata 64,5 terjadi
peningkatan pada siklus kedua yang mencapai rata-rata 77,0, dan dilihat dari nilai tes akhir pada
siklus pertama hanya mencapai 66,1 meningkat sangat signifikan mencapai 74,6, Artinya, melalui
lesson study dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran.


Kata kunci: Kemampuan Guru, Pembelajaran IPA, Lesson Study

Published
2014-11-01
How to Cite
MARYATI, E. A. (2014). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI LESSON STUDY. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 395 - 402. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3605