PENGARUH PERMAINAN KARTU BERGAMBAR DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN
Abstract
The aims of this research was to understand influence the effect of a card game and
linguistic intelligence towards in beginning reading skills. Game used in this studyis a card game
consists of, first: apicture andword, second: picture andletters. Linguistic intelligencein this study
are divided into two, linguistic in high level and linguistic in low level. This research using
experimental method with design treatment by level 2x2. Therefore, data analysis using ANAVA
two ways and Uji-t. The resultsof this research are: 1) there is a significant difference to a child's
ability in the beginning reading skills , between of the game is given word cards game with
children given letter card game, 2) the inter action between card games and linguistic intelligence
towards in beginning reading skills, 3) in children who have high linguistic intelligence, beginning
reading skill spossessed higher given the picture and word card game illustrated compared with
the group of children given picture and letter card game, 4) in children who have low linguistic
intelligence, beginning reading skill spossessed higher given picture dan letter card game
compared to the group of children given picture and word card. The finding lead to
recommendation to use game card to help children in beginning reading skills. Parent’s and
teacher should be knows about children ability before they teach children reading, so they can
using a propearly games card.
Keyword: Game Card, Linguistic Intelligence, and Beginning Reading Skills
Tujuan penelitian ini adalah memahami pengaruh efek dari permainan kartu dan
kecerdasan linguistik terhadap keterampilan membaca permulaan. Permainan yang digunakan
dalam penelitian adalah permainan kartu terdiri dari, pertama: sebuah gambar dan kata, kedua:
gambar dan huruf. Kecerdasan Linguistik dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, linguistik di
tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
desain pengobatan dengan tingkat 2x2. Oleh karena itu, analisis data menggunakan ANAVA dua
cara dan Uji-t. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan
seorang anak pada awal keterampilan membaca, antara anak yang diberikan permainan kartu kata
dengan anak yang diberikan permainan kartu huruf, 2) tindakan antara permainan kartu dan
kecerdasan linguistik dalam keterampilan membaca permulaan, 3) pada anak-anak yang memiliki
kecerdasan linguistik yang tinggi, keterampilan membaca dimulai diberi permainan kartu gambar
dan kata dibandingkan dengan kelompok anak yang diberikan permainan kartu gambar dan huruf,
4) pada anak-anak yang memilikil kecerdasan linguistik rendah, keterampilan membaca dimulai
lebih tinggi diberikan permainan kartu gambar dan huruf dibandingkan dengan kelompok anak
yang diberikan kartu gambar dan kata. Temuan menyebabkan rekomendasi untuk menggunakan
permainan kartu untuk membantu anak-anak dalam keterampilan membaca permulaan. Orang tua
dan guru harus tahu tentang kemampuan anak-anak sebelum mengajar anak-anak membaca,
sehingga dapat menggunakan kartu permainan propearly.
Kata kunci: Permainan Kartu, Kecerdasan Linguistik, dan Awal Keterampilan Membaca
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/)