PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • WINDA WIRASTI AGUSWARA Universitas Negeri Jakarta
  • REZA RACHMADTULLAH Universitas PGRI Adi Buana

DOI:

https://doi.org/10.21009/JPUD.112.14

Abstract

Abstract: This study aims to determine the influence of principal leadership style and organizational climate on the performance of early childhood education teachers in Mempawah District, West Kalimantan Province. The method to be used in this research is survey method using path analysis technique. The population in this study is the teacher of Early Childhood Education in Mempawah District, West Kalimantan Province, as many as 60 respondents. The sampling technique used is a simple random sampling technique. The results of this study
indicate a significant influence between the leadership style of leadership and organizational climate on the performance of teachers of Early Childhood Education in Kabupaten Mempawah West Kalimantan Province.

Keywords: Principal Leadership Style, Organizational Climate. Teacher Performance

Abstrak: Tujuan penelitian mencari tau tentang pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru pendidikan anak usia dini di Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat. Metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan teknik analisis Jalur (path analysis). Sampel penelitian ini adalah guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan barat, sebanyak 60 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik simple random sampling. hasil dari penelitian ini menunjukan adanya signifikan antara pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru Pendidikan Anak UsiaDini di Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi. Kinerja Guru

Downloads

Published

2017-11-30

How to Cite

AGUSWARA, W. W., & RACHMADTULLAH, R. (2017). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 369–385. https://doi.org/10.21009/JPUD.112.14