PENGASUHAN HOLISTIK BERLANDASKAN FILSAFAT TRI HITA KARANA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK USIA DINI PADA KELUARGA HINDU DI KOTA MATARAM

Authors

  • Ni Wayan Rasmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • I Nyoman Wijana Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • I Wayan Sumertha Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

DOI:

https://doi.org/10.21009//JPUD.121.10

Abstract

This aimed to create a toroughful inductive study on the holistic parenting phenomenon based on Tri Hita Karana in developing characters of younger children. Method used in this just case study qualitative by doing inductive study. Started from intensive data collection about the said phenomenon, thus maintain the credibility of data collected. Method used in data collection was observation of parenting phenomenon, grouping data based on paterns, arranging general concept, pincipal and proposition based on qualitative data analisis. This study found that holistic parenting based on Tri Hita Karana resulted in children with holistic self competences and parenting model based on 9 characteristis: love to God, independence and responsibility, honesty, politeness,  willingness to sacrifice, persistent, fair, humble, dan tolerance. Outcome of this study could be used for increasing and developing parenting pattern based on Tri Hita Karana philosophy to help raised Hindu generation with good character.

 

Keywords: Parenting, Holistic, Tri Hita Karana, Character   

 

 

Penelitian Ini bertujuan untuk menciptakan studi induktif yang kuat pada fenomena pengasuhan holistik berdasarkan Tri Hita Karana dalam mengembangkan karakter anak-anak yang lebih muda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif dengan melakukan studi induktif. Dimulai dari pengumpulan data intensif tentang fenomena tersebut, sehingga menjaga kredibilitas data yang terkumpul. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi fenomena parenting, pengelompokan data berdasarkan patern, penyusunan konsep umum, pincipal dan proposisi berdasarkan analisis data kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa pola asuh holistik berdasarkan Tri Hita Karana menghasilkan anak-anak dengan kompetensi diri secara holistik dan model pengasuhan berdasarkan 9 karakteristis: cinta kepada Tuhan, kemandirian dan tanggung jawab, kejujuran, kesopanan, kesediaan berkorban, gigih, adil, rendah hati, dan toleransi. . Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan pola pengasuhan berdasarkan filosofi Tri Hita Karana untuk membantu membangkitkan generasi Hindu dengan karakter yang baik.

Kata Kunci: Pola Asuh, Holistik, Tri Hita Karana, Karakter

 

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Rasmini, N. W., Wijana, I. N., & Sumertha, I. W. (2018). PENGASUHAN HOLISTIK BERLANDASKAN FILSAFAT TRI HITA KARANA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK USIA DINI PADA KELUARGA HINDU DI KOTA MATARAM. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 118–129. https://doi.org/10.21009//JPUD.121.10