PERAN WORK-LIFE BALANCE DAN STRESS KERJA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN KERJA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN YANG DIBERIKAN OLEH TENAGA KESEHATAN RUMAH SAKIT DI KARAWANG

Authors

  • Mohamad Rizan Universitas Negeri Jakarta
  • Farah Chalida Hanoum Universitas Negeri Jakarta
  • Agung Kresnamurti Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/JRMSI.013.2.08

Keywords:

Work life balance, Stres kerja, Kepuasan Kerja, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh work-life balance dan stres kerja terhadap kualitas pelayanan yang dimediasi oleh kepuasan kerja perawat pada rumah sakit swasta di Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kausal/penjelasan dengan data primer dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan penyebaran kuesioner di food court/restoran/café yang beroperasi di beberapa rumah sakit di Karawang dengan menggunakan teknik purposive sampling dan penyebaran kuesioner secara kebetulan. Untuk total 200 responden, analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Lisrel versi 8.80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, work-life balance berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja. Kedua, stres kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan kerja. Ketiga, keseimbangan kehidupan kerja memiliki dampak positif yang besar terhadap kualitas layanan. Keempat, stres kerja berpengaruh negatif terhadap kualitas pelayanan. Kelima, kepuasan kerja berpengaruh positif besar terhadap kualitas pelayanan. Keenam, work-life balance berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kualitas layanan yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Ketujuh, stres kerja yang dimediasi oleh kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap kualitas pelayanan. Penelitian memiliki keterbatasan generalisasi tertentu karena dirancang untuk melihat faktor-faktor yang mengikutinya. Disarankan dalam penelitian selanjutnya, objek di luar perawat untuk penelitian lebih lanjut harus dimasukkan. Dimungkinkan untuk mengembangkan model penelitian dengan populasi dan sampel yang lebih bervariasi karena dapat menjadi masukan yang berharga bagi perusahaan.

Author Biographies

Mohamad Rizan, Universitas Negeri Jakarta

Dosen Fakultas Ekonomi 

Farah Chalida Hanoum, Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Agung Kresnamurti, Universitas Negeri Jakarta

Dosen Fakultas Ekonomi 

References

Abdullah, MI, Huang, D., Sarfraz, M., Ivascu, L., & Riaz, A. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan internal pada kepuasan kerja perawat, komitmen dan kinerja: Peran mediasi kesejahteraan karyawan. Keperawatan Terbuka , 8 (2), 607–619.
Atheya, R., & Arora, R. (2014). Stres dan bebannya pada keseimbangan kehidupan kerja karyawan (wlb): Sebuah studi konseptual. IOSR Journal Of Humaniora Dan Ilmu Sosial (IOSR-JHSS) , 19 (3), 58-61.
Bellmann, L., & Hubler, O. (2020). Bekerja dari rumah, kepuasan kerja dan pekerjaan--keseimbangan hidup--hubungan yang kuat atau heterogen? Jurnal Internasional Tenaga Kerja .
Bulgarella, CC (2005). Kepuasan Karyawan dan kepuasan pelanggan. Penelitian Guidestar, Buku Putih .
Chikazhe, L., Makanyeza, C., & Kakava, NZ (2020). Pengaruh persepsi kualitas layanan , kepuasan dan loyalitas terhadap kinerja yang dirasakan : persepsi lulusan universitas. Jurnal Pemasaran Pendidikan Tinggi , 0 (0), 1–18. https://doi.org/10.1080/08841241.2020.1793442
Dahad, M., & Narkhede, PA (2014). Pengaruh Work Life Balance dan Etika Terhadap Kualitas Pelayanan . Januari . https://doi.org/10.13140/2.1.5144.2885
Dessler, G., Starke, FA, & Cyr, DJ (2001). Manajemen: Memimpin orang dan organisasi di abad ke-21 . Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.
Diana, AE, Mukhtadi, APE, & lainnya. (2020). Kualitas Kehidupan Kerja dan Kinerja Perawat: Mediasi Kepuasan Kerja di Era Pandemi. Tinjauan Sistematis di Farmasi , 1739–1745.
El Badawy, TA, Chinta, R., & Magdy, MM (2018). Apakah 'gender' memediasi atau memoderasi hubungan antara 'kualitas kehidupan kerja' dan 'komitmen organisasi'? Bukti dari UKM di Mesir. Gender dalam Manajemen: Sebuah Jurnal Internasional
Eliyana, A., & Sridadi, A. (2020). Spiritualitas tempat kerja dan kepuasan kerja terhadap prestasi kerja: peran mediasi perilaku menyimpang di tempat kerja dan gairah kerja. Ilmu Manajemen Surat , 10 (11), 2507-2520.
Ewen, C., Jenkins, H., Jackson, C., Jutley-Neilson, J., & Galvin, J. (2021). Kesejahteraan, kepuasan kerja, stres, dan kelelahan pada ahli patologi wicara-bahasa: Sebuah tinjauan. Jurnal Internasional Patologi Pidato-Bahasa , 23 (2), 180-190.
Fisher-McAuley, G., Stanton, J., Jolton, J., & Gavin, J. (2003). Pemodelan hubungan antara keseimbangan kehidupan kerja dan hasil organisasi. Konferensi Tahunan Masyarakat untuk Psikologi Industri-Organisasi. Orlando , 1 , 26.
Ghozali, I., & Latan, H. (2012). Partial least square: Konsep, teknik dan aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro .
Rambut, JF, Ringle, CM, & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Memang peluru perak. Jurnal Teori dan Praktik Pemasaran , 19 (2), 139-152.
Han, J., Kang, H.-J., & Kwon, GH (2020). Dampak kualitas healthscape cerdas pada hasil pekerjaan perawat dan kepuasan kerja: Sebuah tes efek moderasi dari inovasi. Jurnal Manajemen Keperawatan , 28 (1), 43-53.
Javanmardnejad, S., Bandari, R., Heravi-Karimooi, M., Rejeh, N., Syarif Nia, H., & Montazeri, A. (2021). Kebahagiaan, kualitas kehidupan kerja, dan kepuasan kerja di antara perawat yang bekerja di departemen darurat di Iran. Hasil Kesehatan dan Kualitas Hidup , 19 (1), 1–8.
Kelly, LA, Lefton, C., & Fischer, SA (2019). Kelelahan pemimpin perawat, kepuasan, dan keseimbangan kehidupan kerja. JONA: Jurnal Administrasi Keperawatan , 49 (9), 404-410.
Kelly, M., Sol, R., Garcia, E., & Kundu, I. (2020). Stres Kerja , Kelelahan , Keseimbangan Kehidupan Kerja , Kesejahteraan , dan Kepuasan Kerja Di Antara Warga Patologi dan Fellows . 1–21. https://doi.org/10.1093/AJCP/AQAA013
Kim, I., & Jung, Y. (2020). Studi Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pekerja Perawatan di Pusat Penitipan Anak Tipe cSeoul: Berfokus pada Efek Moderasi Ketahanan Ego. Jurnal Konvergensi Teknologi Informasi , 10 (9), 136-146.
Kim, S.-H., Nam, H.-E., & Park, S.-J. (2012). Pengaruh kepuasan kerja pekerja perawatan pada kualitas layanan kesejahteraan usia tinggal di rumah mereka. Jurnal Asosiasi Isi Korea , 12 (4), 282–291.
Koch, P., Zilezinski, M., Schulte, K., Strametz, R., Nienhaus, A., & Raspe, M. (2020). Bagaimana persepsi kualitas perawatan dan kepuasan kerja dikaitkan dengan niat untuk meninggalkan profesi pada perawat dan dokter muda. Jurnal Internasional Penelitian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat , 17 (8), 2714.
Komagata, M., Takemura, Y., Ichikawa, N., Takehara, K., & Kunie, K. (2020). Kualitas kerja antara perawat paruh waktu dan hubungannya dengan kepuasan kerja dan nilai-nilai kerja: Sebuah studi cross-sectional. Ilmu Keperawatan \& Kesehatan , 22 (4), 1010–1021.
Lockwood, NR (2003). Keseimbangan hidup/kerja. Tantangan dan Solusi, SHRM Research, AS , 2 (10).
Luthan, F. (1998). Perilaku Organisasi (Edisi Delapan) . McGraw-Hill: Perusahaan Buku Internasional.
Luthans, F. (2006). Perilaku organisasi .
Mansour, S., & Mohanna, D. (2018). Peran mediasi stres kerja antara konflik pekerjaan-keluarga, konflik kerja-waktu luang, dan persepsi karyawan tentang kualitas layanan di industri perhotelan di Perancis. Jurnal Sumber Daya Manusia di Perhotelan \& Pariwisata , 17 (2), 154-174.
Milana, E. (2018). Dampak kepuasan kerja pada kualitas pelayanan publik: Bukti dari Suriah. Jurnal Manajemen Serbia , 13 (2), 233–250.
Nayak, T., Sahoo, CK, & Mohanty, PK (2018). Pemberdayaan tempat kerja, kualitas kehidupan kerja dan komitmen karyawan: sebuah studi di sektor kesehatan India. Jurnal Studi Bisnis Asia .
Parasuraman, A, Zeithaml, VA, & Berry, L. (1988). SERVQUAL: Skala multi-item untuk mengukur persepsi konsumen tentang kualitas layanan. 1988 , 64 (1), 12–40.
Parasuraman, Anantharanthan, Zeithaml, VA, & Berry, LL (1985). Model konseptual kualitas layanan dan implikasinya untuk penelitian masa depan. Jurnal Pemasaran , 49 (4), 41-50.
Park, S.H. (2022). Mediasi Fusion Effect Kepuasan Kerja pada Dampak Stres Kerja Pekerja Perawatan Rumah Perawatan Jangka Panjang pada Kualitas Layanan mereka. Jurnal Internet of Things dan Konvergensi , 8 (1), 45–51.
Pengkhotbah, KJ, & Hayes, AF (2004). Prosedur SPSS dan SAS untuk memperkirakan efek tidak langsung dalam model mediasi sederhana. Metode Penelitian Perilaku, Instrumen, \& Komputer , 36 (4), 717–731.
Robbins, SP, & Hakim, T. (2009). Perilaku Organisasi . Pearson Afrika Selatan.
Robelski, S., Mette, J., Wirth, T., Kiepe, N., Nienhaus, A., Harth, V., & Mache, S. (2020). (Tidak) Pekerjaan Sosial Terbatas?—Analisis Kondisi Kerja dalam Bantuan Pengungsi dan Tunawisma Terkait dengan Stres Kerja yang Dirasakan dan Kepuasan Kerja. Jurnal Internasional Penelitian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat , 17 (2), 601.
Safadi, NS (2019). Dukungan sosial, kualitas layanan, dan kepuasan kerja: Bukti empiris dari pekerja sosial Palestina. Pekerjaan Sosial , 64 (4), 347–355.
Seong, J.-A., Yeom, E.-Y., & Lee, J.-H. (2021). Pengaruh Sikap Lansia, Empati dan Stres Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pengasuh di Fasilitas Perawatan Jangka Panjang. Jurnal Asosiasi Konten Korea , 21 (11), 646–656.
Shen, J., & Tang, C. (2018). Bagaimana pelatihan meningkatkan kualitas layanan pelanggan? Peran transfer pelatihan dan kepuasan kerja. Jurnal Manajemen Eropa , 36 (6), 708–716.
Stefanovska-Petkovska, M., Petrovska, I., Bojadziev, M., Schaeffer, I., & Tomovska-Misoska, A. (2019). Pengaruh budaya organisasi dan dimensi pada kepuasan kerja dan keseimbangan kehidupan kerja. Jurnal Ekonomi Montenegro , 15 (1), 99– 112.
Talukder, AKMMH (2019a). Dukungan supervisor dan komitmen organisasi: Peran pekerjaan--konflik keluarga, kepuasan kerja, dan keseimbangan kehidupan-kerja. Jurnal Konseling Ketenagakerjaan , 56 (3), 98-116.
Talukder, AKMMH (2019b). dukungan supervisor dan komitmen organisasi: peran konflik pekerjaan-keluarga, kepuasan kerja, dan keseimbangan kehidupan kerja . 56 (September), 98–116. https://doi.org/10.1002/joec.12125
Victoria, V. (2022). Dampak Visibilitas Proses Dan Tegangan Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan: Bukti Empiris Dari Industri Retail Dubaidampak Visibilitas Proses Dan Stress Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan: Bukti Empiris Dari Industri Retail Dubai. Jurnal Internasional Teknologi, Inovasi dan Manajemen (IJTIM) , 2 (1).
Wu, F., Ren, Z., Wang, Q., He, M., Xiong, W., Ma, G., Fan, X., Guo, X., Liu, H., & Zhang, X. (2021). Hubungan antara stres kerja dan kelelahan kerja: efek mediasi dari dukungan sosial yang dirasakan dan kepuasan kerja. Psikologi, Kesehatan \& Kedokteran , 26 (2), 204–211.
Xie, Y., Tian, J., Jiao, Y., Liu, Y., Yu, H., & Shi, L. (2021). Dampak Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Kualitas Tidur Kurir di China : Peran Modal Psikologis . 12 (Desember), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.730147

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Rizan, M., Hanoum, F. C., & Kresnamurti, A. (2022). PERAN WORK-LIFE BALANCE DAN STRESS KERJA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN KERJA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN YANG DIBERIKAN OLEH TENAGA KESEHATAN RUMAH SAKIT DI KARAWANG. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 13(02), 306–329. https://doi.org/10.21009/JRMSI.013.2.08