PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI LAJU REAKSI BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN Discovery-Problem Base Learning

  • Ucu Cahyana Program Studi Pendidikan Kimia. Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun Jakarta. Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia berdasarkan model pembelajaran Discovery-Problem Base Learning  pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap perencanaan dan  pengembangan model, serta tahap uji coba modul pembelajaran yang dihasilkan. Modul pembelajaran kimia pada materi laju reaksi diujikan kepada ahli materi dan ahli proses belajar mengajar, persentase hasil uji coba tersebut berturut-turut 80,3% dan 88,67%. Pada hasil uji coba siswa kelompok besar diperoleh presentase dari keempat kegiatan masing-masing 78,8%, 80,9%, 80,2%, dan 79,4%. Indikator keberhasilan pada penelitian pengembangan modul pembelajaran ini adalah indikator kesesuaian materi dengan kurikulum, penulisan bahasa, isi, dan keseluruhan. Presentase tiap indikator yang lebih dari 60% menandakan bahwa indikator tersebut tercapai dengan baik.

 Kata kunci: modul pembelajaran, discovery-problem base learning

Published
2013-06-27
How to Cite
Cahyana, U. (2013). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI LAJU REAKSI BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN Discovery-Problem Base Learning. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 3(1), 166 - 173. https://doi.org/10.21009/JRPK.031.03