Penerapan Matakuliah Micro Teaching Berbasis Lesson Study pada Mahasiswa Semester VI Sebagai Alternatif Pra PPL
Keywords:
micro teaching, lesson study, plan, do, seeAbstract
Tujuan penelitian ini adalah memaparkan penerapan mata kuliah Micro Teaching berbasis
Lesson Study di dalam kelas sebagai sebuah alternatif bagi mahasiswa sebelum melaksanakan
Program Pengalaman Lapangan (PPL). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif, yakni memaparkan kegiatan belajar mengajar mahasiswa semester VI pada mata
kuliah Micro Teaching. Hasil penelitian dikelompokkan sesuai hakikat lesson study, yakni
Plan: pembagian kelompok mahasiswa sebagai guru, siswa, pengamat, dan pembagian materi
pembelajaran yang diambil dari buku Nihongo I/II; Do: pelaksanaan kegiatan belajar
mengajar di kelas dari pertemua pertama sampai pertemuan kelimabelas, See: perbaikan
dilakukan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajara yang bersifat memberikan penambahan
materi yang dianggap kurang setelah dilakukan pengamatan pada tahapan do yakni pada
pertemuan ketiga, keempat, dan kesepuluh, sedangkan perbaikan pada kegiatan pembelajaran
meliputi bagian pengantar pembelajaran, kosakata dan latihan, latihan pola kalimat, dan
simpulan pembelajaran.
References
Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.
(2) Fernandez, Clea dan Yoshida Makoto (2004) Lesson Study A Japanese Approach to
Improving Mathematics Teaching and Learning, New Jersey: Lawrence Erlbaum
Associates, Inc.
(3) Fukuda, Noriko dkk (2008) Hajimete no Jugyou Kitto: Nihongo o Oshietai Hito no
Tameno, Tokyo: Aruku
(4) Ikeda, Terumasa (2001) Seicho Suru Tippusu Sensei: Jugyo Dezain no Tame no
Hiketsushu. Tokyo: Tamakawa Daigaku Shuppanbu
(5) Isoda, Masami dkk. (2007) Japanese Lesson Study in Mathematics. Singapore: World
Scientific Publishing Co. Pte. Ltd.
(6) Lewis, Catherine C. (2002) Lesson study: A Handbook of Teacher-Led Instructional
Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc.
(7) Saito, E., Imansyah, H. dan Ibrohim (2005) Penerapan Studi Pembelajaran di Indonesia:
Studi Kasus dari IMSTEP . Jurnal Pendidikan Mimbar Pendidikan, No.3.
Th. XXIV: 24-32.
(8) Shimizu, Yoshinori (2001) Lesson Study: What, Why, and How? (dalam Bass, Hyman dkk.
(Editor). Studying Classroom Teaching as a Medium for Professional
Development. Washington, DC: National Academy Press
(9) Suyanto (1996/1997) Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Pengenalan
Penelitian Tinakan Kelas. Dirjen Dikti