Analisis Kesalahan Berbahasa Mahasiswa Tingkat Dasar Jurusan Sastra Jepang Universitas Airlangga

Penulis

  • Parwati Hadi Noorsanti Universitas Airlangga

Kata Kunci:

kesalahan berbahasa, tataran sintaksis, tataran semantis, tataran morfologi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa pada tataran linguistik apa saja yang terjadi pada tulisan mahasiswa tingkat dasar dan penyebab dari kesalahan berbahasa tersebut. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kesalahan berbahasa pada tataran linguistik sintaksis paling sering dijumpai, diikuti oleh tataran semantis dan tataran morfologi. Penyebab kesalahan berbahasa banyak disebabkan oleh incomplete application of rules (tidak lengkap menerapkan aturan).

Referensi

Iori, Isao. 2001. Atarashii Nihongogaku Nyuumon, Kotoba no Shikumi o Kangaeru. Tokyo: A3 Network
Iori, Isao. et.al. 2002. Chuujookyuu o Oshieru Hito no Tame no Nihongo Bunpoo Handobukku. Tokyo: A3 Network
________ 2001.Shokyuu o Oshieru Hito no Tame no Nihongo Bunpoo Handobukku. Tokyo: 3A Network
Kato Yashiko.1989. Tensu, Asupekuto, Muudo. Tokyou: Aratake Shuppan
Matsuura Kenji. 2005. Kamus Jepang-Indonesia. Jakarta: Gramedia
Morioka, Kenji.1993. Kokugo Jiten. Tokyo: Shueisha
Namatame, Yasu. 1996. Nihongo Kyooshi no Tame no Gendai Nihongo Hyoogen Bunten, Tokyo: Bonjinsha
Nishiguchi, Koichi. 2001. Kiso Nihongo Bunpoo Kyoohon (Understanding Basic Japanese Grammar). Tokyo: Aruku
Sutedi, Dedi. 2003. Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora Utama Press
Tarigan, Henry Guntur. 1988. Pengajaran Pemerolehan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Guntur Tarigan. 1984. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Unduhan

Diterbitkan

2021-02-19