ANALISIS WAKAMONO KOTOBA DALAM CHANNEL YOUTUBE JHONNYS’ JR. VLOG HIHI JETS

Penulis

  • Sekar Puji Lestari Fakultas Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang
  • Frida Philiyanti
  • Poppy Rahayu

Kata Kunci:

wakamono kotoba, pembentukan kata, makna, fenomena penggunaan, YouTube

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wakamono kotoba yang terdapat dalam channel YouTube Jhonnys’ Jr. Vlog HiHi Jets yang ditinjau dari pola pembentukan kata, makna yang terkandung, serta fenomena penggunaan wakamono kotoba. Kim (2014: 88-89) menyatakan bahwa dalam kurikulum pendidikan bahasa Jepang yang diajarkan, khususnya pembelajaran Jepang untuk orang asing terdapat perbedaan antara lingkungan belajar yang berpusat pada peroleh pengetahuan dari buku dengan lingkungan bahasa yang sebenarnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak catat dan dianalisis menggunakan metode padan referensial, kemudian hasil penelitian akan dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 27 wakamono kotoba yang ditemukan pada channel YouTube Jhonnys’ Jr. Vlog HiHi Jets terdapat lima proses pembentukan kata yaitu pelesapan, afiksasi, peminjaman bahasa asing, komposisi, dan konversi bunyi. Ditemukan wakamono kotoba yang mengalami pergeseran makna maupun fungsi dari bentuk asalnya kata ini bermakna untuk menunjukan rasa tidak percaya atau terkejut serta fungsinya berubah menjadi kata keterangan atau fukushi, dan terdapat kata yang mengalami pergeseran makna tanpa adanya proses pembentukan kata, serta kata yang tidak mengalami pergeseran makna maupun bentuk asalnya. Wakamono kotoba digunakan oleh anak muda untuk menyampaikan perasaan dan pemikiran mereka dengan unsur melebih-lebihkan.

Referensi

Alaexandro, R. (2008). Analisis Wakamono Kotoba Bahasa Jepang Studi Kasus Komik Detektif Conan. Universitas Sumatera Selatan.
Andriani, P., Adnyani, K., & Antartika, I. (2017). Analisis Variasi Remaja (Wakamono Kotoba) dalam Anime Orenji. JPBJ Vol.3 No.3.
Astriani, E. (2018). Kompetensi Komunikatif. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Focseneau, A. (2009). Some Aspect Of The Language Of Young People In Japan. LIMBI ŞI LITERATURI STRĂINE, 47.
Kim, Y. (2014). Nihonjin No Youna To Iu Kyozou Ni Tsuite. Waseda Daigaku Nihongo Kyouiku Kenkyuu Sentaa.
Kuwamoto, Y. (2002). Wakamono Kotoba No Hassei To Teichaku Ni Tsuite.
Malabar, S. (2015). Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing.
Shirin, R. (2016). Gendai Nihongo No Wakago No Kenkyuu.
Sudjianto. (2007). Bahasa Jepang Dalam Konteks Sosial Dan Kebudayaannya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutedi, D. (2011). Dasar-Dasar Linguistik Dalam Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.

Diterbitkan

2021-06-28