MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAIANAN KARUTA DALAM PEMBELAJARAN HURUF HIRAGANA

  • Nabilla Swayantika Universitas Negeri Jakarta
  • Dwi Astuti Retno Lestari
Kata Kunci: Karuta card media, STAD (Student Teams Achievement Division) learning model, hiragana.

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang penggunaan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan media permainan karuta dalam pembelajaran huruf hiragana. Penggunaan model dan media ini mencakup kelompok kecil yang dimana pembelajar akan bekerja sama dalam mencocokkan kartu torifuda yang dibacakan oleh pembaca kartu yomifuda. Pengumpulan referensi dalam penelitian ini adalah buku, artikel, jurnal dan website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan media permainan karuta dalam pembelajaran huruf hiragana, serta kelebihan dan kekurangan pada media permainan karuta dan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran huruf hiragana dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang hasilnya didapatkan atas penilaian dari ahli (expert judgment). Penggunaan media dan model pembelajaran ini bertujuan untuk dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan saat proses pembelajaran berlangsung agar mempermudah pembelajar dalam menguasai huruf hiragana.

Referensi

Reference collection in this research is books, articles, journals and websites.
Diterbitkan
2021-06-28