Evaluasi Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jepang Pemelajar Pemula

Penulis

  • Lea Santiar Universitas Indonesia

Kata Kunci:

evaluasi, menulis, koherensi, proses berpikir

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran menulis pada pemelajar pemula. Pengguna lulusan mengharapkan lulusan dengan keterampilan berbahasa Jepang yang siap berbicara, menulis, membaca dan menyimak.  Namun pada kenyataannya, pembelajaran menulis terkendala karena ketersediaan waktu, beban kerja memeriksa karangan pemelajar dan lainnya. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi permasalahan pembelajar dalam menyelenggarakan kelas keterampilan menulis, baik dari sudut ketersediaan materi ajar, waktu belajar, dan ketersediaan waktu untuk melakukan umpan balik, dan perbaikan tulisan. Evaluasi dilakukan mengacu pada  pendekatan proses dan pendekatan hasil pembelajaran menulis dan model pembelajaran menulis dalam bahasa asing, Dari hasil analisis instruksi pembelajar dan hasil kegiatan menulis pemelajar, diidentifikasi bahwa pada tingkat pemula, kegiatan menulis menggunakan pendekatan proses dan pendekatan hasil.  Pembelajaran menulis bukan semata wadah melatih ketepatan produksi gramatikal, namun dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk mengasah proses berpikir dan sikap kritis terhadap apa yang ingin ditampilkan dari diri sendiri secara riil. Simpulan dan saran dari penelitian ini, yaitu pembelajaran menulis baik diajarkan berkesinambungan dengan pembelajaran keterampilan berbahasa lainnya seperti berbicara dan membaca, dengan menarik benang merah kesamaan tema serta kesinambungan proses berpikir dalam penyusunan tulisan yang koheren, dan tidak hanya fokus pada ketepatan gramatikal.

Referensi

Badger,R.G.,and G.White. (2000). A process genre approach to teaching writing. ELT Journal Vol. 54 (2).
Fun Japanese Learning. (2020). The 5 Biggest Genkouyoushi げんこうようしMistakes You Can Easily Avoid. https://www.youtube.com/watch?v=CZSlFWf9d70 diunduh 27 Oktober 2021.
Gabrielatos,C. (2002). EFL writing: product and process.
http://.www.gabrielatos.com/Writing.pdf diakses 27 Oktober 2021.
Kadowaki, Kaoru , Kaoru Nishiuma. (1999). Minna no Nihongo Shokyuu Yasashii Sakubun. Tokyo: 3A Network.
Kalipa, Zimkhitha. (2014). Teaching Strategies to Improve the Writing Skills for Grade 8 and 9 Learner in English First Additional Language: A Case Study of Four High Schools in the Cradock Education District (Thesis). University of Fort Hare.
Kroll,B. (2001). Consideration for teaching anESL/EFL writing course. In Teaching English as a second or foreign language, Marianne Celce-Murcia (ed.) 219-232. Boston: Heinle and Heinle
Nunan, D. (1999). Second Language Teaching and Learning. Boston: Heinle and Heinemann Publishers.
Nur Saadah, Fitri Asih. (2017). Model Materi Ajar Menulis Deskriptif dalam Bahasa Jepang Berbasis Pendekatan Proses – Penelitian dan Pengembangan Model Materi Ajar di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FPS Universitas Negeri Jakarta. Japanedu Vol.2,No.2 (2017).
oksyourunbun. (2020). 【原稿用紙の使い方】添削するよ. https://www.youtube.com/watch?v=z5gyltW1kRA diakses 27 Oktober 2021.
Raimes, A. (1993. Techniques in teaching writing. Oxford: Oxford University Press. https://www.scirp.org/(S(i43dyn45teexjx455qlt3d2q))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1788397 diakses 27 Oktober 2021
Rusmiyati, Rusmiyati. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis (Sakubun) Mahasiswa Bahasa Jepang Angkatan 2014 A Tahun Akademik 2015-2016 melalui Penerapan Kolaborasi Membaca-Menulis dengan Teknik Peer Reading. Jurnal ASA Vol. 3. 2016. https://journal.unesa.ac.id/index.php/asa/article/view/2544 diakses 27 Oktober 2021.
Steele,V. (2004). Product and process writing.
http://www.englishonline.org.cn/en/teachers/workshops/teaching-writing/teachingtips/product-process diakses 27 Oktober 2021.
Sugono, Dendy. (2014). Peran dan Kekuatan Bahasa Indonesia dalam Industri Kreatif Kebahasaan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sutedi, Dedi. (2019). Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Jepang (Teori dan Praktik). Bandung: UPI Press.

Diterbitkan

2021-12-31