ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR KANJI TINGKAT PEMULA BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 DENGAN MODEL SPD

  • Nia Setiawati
  • Dwi Astuti Retno Lestari
  • Eva Jeniar Noverisa

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan sehingga dapat menggambarkan kebutuhan pengembangan bahan ajar Kanji pada tingkat pemula berbasis keterampilan abad 21 bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNJ. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan model See, Plan, Do (SPD). Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester I PSPBJ yang berjumlah 79 orang. Penelitian ini  menjelaskan kebutuhan mahasiswa dan dosen terhadap buku ajar  kanji tingkat pemula berbasis keterampilan abad 21. Buku ajar kanji di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNJ cukup baik dari segi tampilan dan isi. Namun, mahasiswa dan dosen mengharapkan lebih banyak latihan, terutama latihan menulis, sehingga akan lebih banyak kesempatan untuk menggunakan kanji dalam kalimat dan wacana. Berdasarkan analisis situasi yang telah dilakukan, maka perlu adanya perencanaan untuk menyusun latihan kanji dalam bentuk website atau digital agar siswa dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja dengan mudah. Latihan ini dikemas dengan berbagai jenis soal dalam bentuk permainan atau games agar dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar kanji.

Referensi

Badar, N. J. N., Lensun, S. F., & Usoh, E. J. (n.d.). PHYCTOGRAF KANJI DASAR DALAM BUKU MINNA NO NIHONGO KANJI EDITION 1. 255–260.
Chieko, K. (2001). Basic Kanji Book Volume 1 (3rd ed.). Bonjinsha.
Haristiani, N., & Firmansyah, D. B. (2017). Android application for enhancing Japanese JLPT N5 kanji ability. Journal of Engineering Science and Technology, 12(Special Issue 10), 106–114.
Kocimaheni, A. (2018). SILK as Kanji Learning Model for Students at Japanese Department. 108(SoSHEC 2017), 223–226. https://doi.org/10.2991/soshec-17.2018.44
Millah, E. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteklogi Di Kelas XII SMA Ipiems Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, Dan Masyarakat (Sets). BioEdu, 1(1), 241269.
Oktarinah, O., Wiyono, K., & zulherman, zulherman. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Proyek Materi Alat-Alat Optik Untuk Kelas X Sma. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 80-85–85. https://doi.org/10.36706/jipf.v3i1.3433
Setiawati, N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Membaca Kanji. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 30(1), 46–58. https://doi.org/10.21009/parameter.301.05
Setiawati, N. (2020). Pembelajaran Kanji Ii Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Bantuan Media Edmodo. 9(November), 13–27.
Shimada, N., shibahara, T. (2008). Kyouzai Kaihatsu. Hituzi.
Sungkono, S. (2009). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).
Susanto, H. (2013). Teknik Penyusunan Buku Ajar. Penyusunan Buku Ajar, 16.
Visiaty, A., & Yulianti, V. (2013). Strategi Pembelajaran Kanji : Studi Kasus pada Pembelajar Bahasa Jepang Tingkat Pemula dan Menengah di Universitas Al Azhar Indonesia. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 2(1), 46. https://doi.org/10.36722/sh.v2i1.116
千恵子加納. (2017). 漢字圏学習者と非漢字圏学習者のための漢字学習と評価の方法. Jsl漢字学習研究会誌, 9, 1–10.
Diterbitkan
2021-12-31