RELEVANSI KEBUTUHAN STAKE HOLDER TERHADAP PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21

  • Cut Erra Rismorlita - Universitas Negeri Jakarta
  • Frida Philiyanti
  • Viana Meilani Prasetio
  • Lintang Purnama Sari
Kata Kunci: Relevansi, Stakeholder, kurikulum berbasis keterampilan abad 21

Abstrak

Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FBS UNJ. Ada dua hal yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa Jepang mengalami beberapa perubahan sejak berdiri tahun 2006 sampai sekarang, yakni kurikulum tahun 2006, 2007, 2010, 2015 dan 2019, serta adanya tuntutan pencapaian kurikulum di abad 21, yaitu kreativitas dan inovatif. Sebagai penelitian awal, penelitian ini difokuskan pada relevansi kebutuhan stakeholder terhadap pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad 21. Hasil dari penelitian merupakan dasar pijakan dalam pengembangan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berbasis keterampilan abad 21. Metodologi yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan mengambil data melalui angket dan wawancara yang bertujuan untuk mengetahui relevansi kebutuhan stakeholder terhadap pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad 21. Sebagai kurikulum yang berbasis keterampilan 6C yaitu creativity, critical thinking, character, collaboration, communication, dan computional thinking maka persepsi kebutuhan stakeholder akan dapat diketahui relevansinya dengan pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum berbasis abad 21 sudah relevan dengan kebutuhan stakeholder, karena kurikulum tersebut bersinergi dengan kondisi tempat kerja lulusan. Namun, penguatan terhadap kemampuan komunikasi dengan bahasa asing, kolaborasi dalam tim, dan berpikir kritis perlu ditingkatkan dan dimaksimalkan dalam perkuliahan

Referensi

Calub, C. . L. (2018). Language Curriculum Development: An overview. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28127.30887
Ennis, C. (2019). McGraw-Hill Education Partnerships for 21st century. November 2018.
J.Moleong, L. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Mutuma, W., Nyerere, J., & Kyalo, D. N. (2019). STAKEHOLDERS INVOLVEMENT IN CURRICULUM DEVELOPMENT AND. September.
Nadiroh, N., Zulfa, V., & Yuliani, S. (2021). Learning transformation of the 21stcentury curriculum for prospective teacher in term of eco-literacy. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 802(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/802/1/012009
Nikolov, P. M. & M. (2010). Curriculum Development: The Interface Between Political and Professional Decisions. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780195384253.013.0018
Pinheiro, R., & Organisations, T. R. (2017). Chapter 4 : The Role of Internal and External Stakeholders. March 2015. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9570-8
Takeda, I. (2016). Report : Project-Based Learning with 21 st Century Skills for the Japanese Language Classroom. 1–7.
UNESCO. (2009). Overcoming inequality : why governance matters.
Uzoamaka, A. J. (2021). Teaching and Learning of 21st Century Learners in Anambra State Secondary Schools: Exploring teacher’s preparation and learning environment. 1–16. https://doi.org/10.33422/2nd.ntteconf.2020.10.51
Diterbitkan
2021-12-31