EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK CARD SORT DIBANDINGKAN DENGAN INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA JEPANG

kemampuan menulis Bahasa Jepang siswa kelas XI IPS SMAN Gunung Putri

Penulis

  • Handayani Isrodiniah
  • Nia Setiawati
  • Viana Meilani Prasetio

Kata Kunci:

Kemampuan Bahasa Jepang

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Teknik Card sort dibandingkan dengan Index card match terhadap kemampuan menulis Bahasa Jepang siswa kelas XI IPS SMAN Gunung Putri. Penelitian ini menggunakan metode true experimental, dengan menggunakan desain pretest dan posttest control group. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa kelas XI IPS 4 yang menggunakan teknik card sort (kelas eksperimen) dan 30 siswa kelas XI IPS 1 yang menggunakan teknik index card match (kelas kontrol). Setelah data posttest dianalisis, diketahui bahwa teknik card sort lebih efektif dibandingkan dengan teknik index card match terhadap kemampuan bahasa Jepang siswa kelas XI IPS SMAN 1 Gunung Putri.

Referensi

Kata kunci: pembelajaran aktif, teknik card sort, teknik index card match
Keywords: active learning, card sort technique, index card match technique

Diterbitkan

2021-12-31