Improving Presentation Skills in Japanese through Project Based Learning in Kaiwa VI Lesson

Penulis

  • Imroatul Mufidah Universitas Negeri Jakarta
  • Yuniarsih Universitas Negeri Jakarta
  • Nur Saadah Fitri Asih Universitas Negeri Jakarta

Kata Kunci:

Project Based Learning, Kaiwa, presentasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan presentasi mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta pada mata kuliah Kaiwa VI yang menggunakan metode pembelajaran secara konvensional dan yang menggunakan model Project Based Learning, untuk mengetahui peningkatan kemampuan presentasi mahasiswa yang mendapatkan Project Based Learning, juga untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran Kaiwa VI. Hal ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat pada mata kuliah Kaiwa VI, di antaranya: kurangnya kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dalam memecahkan suatu permasalahan, serta mahasiswa kurang mampu memahami isi penelitian sehingga tidak maksimal dalam mempresentasikan hasil penelitian. Hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya proses literasi dan tidak adanya proses pengambilan data secara mandiri oleh mahasiswa karena selama ini mahasiswa hanya mempresentasikan hasil penelitian orang lain. Project Based Learning atau pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik. Metode yang digunakan yaitu True Experimental Design dengan bentuk penelitian Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Kaiwa VI yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mendapatkan model Project Based Learning mendapatkan peningkatan kemampuan presentasi lebih baik daripada mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis data posttest, kelompok eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi 5,6 poin dari kelompok kontrol. Tanggapan mahasiswa mengenai penerapan model Project Based Learning terbilang baik.

Referensi

Chaer, Abdul. 1998. Tata Bahasa Praktik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bhratara Karya Aksa.
Mulyati, Yeti. 2015. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kemendikbud. 2020. Permendikbud No. 3 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sari, Lutfiana Indah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbcara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jurnal Edukasi UNEJ 2015, II (1), 11-14. Online.
Diner, Lispridona. 2020. Proses Pengembangan Daya Kritis Mahasiswa dalam Mata Kuliah Nihonjijo melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Journal of Japanese Language Education & Linguistics Vol.4 No.1.
Shimbo, Tomoko, dkk. 2017. Project-Based Learning in Japanese Language. Revista QUID (Special Issue), 708-712. Online. https://www.dialnet.unirioja.es/descarga/articulo/6145561.pdf (diakses 30 Desember 2021)
S, Syamsidar, dkk. 2018. Pembelajaran Fisika Berbasis Cone of Experience Edgar Dale pada Materi Elastisitas dan Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Vol. 6 No. 1, 3-5. Online. http://www.journal.unismuh.ac.id/index.php/jp/article/download/1196/1094 (Diakses pada 30 Desember 2021)
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.
Grant, M.M. 2002. Getting A Grip of Project Based Learning: Theory, Cases and Recommendation. North Carolina: Meredian A Middle School Computer Technologies. Journal Vol. 5.
Ngalimun, 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nurfitriyanti, Maya. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2), 149-160.
Sutomo, Erwin. (2007). 9 Presentasi Kreatif dengan PowerPoint 2007. Yogyakarta: Andi Offset.

Diterbitkan

2022-06-26