STUDI KASUS PEMEROLEHAN KANJI BAHASA JEPANG PADA MAHASISWA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2022/2023

Penulis

  • Nizar Alif Indrian State University of Jakarta
  • Frida Philiyanti Universitas Negeri Jakarta
  • Komara Mulya Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/kagami.141.02

Kata Kunci:

Second Language Acquisition, Kanji, Motivation, Self Confidence, Anxiety

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemerolehan Kanji mahasiswa awal Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta, serta bagaimana faktor motivasi, kepercayaan diri, dan kecemasan mempengaruhinya. Berdasarkan studi pendahuluan yang diadakan, Kanji merupakan bagian yang paling sulit untuk dikuasai dalam bahasa Jepang. Sehingga, fokus penelitian ini menjadi pemerolehan Kanji. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi terhadap lima orang mahasiswa yang belum pernah belajar bahasa Jepang sebelumnya.  Hasil penelitian menunjukkan hanya satu mahasiswa yang sudah mengalami proses pemerolehan (acquisition atau 習得 ) Kanji sebelum memasuki Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Kemudian dari proses belajar mahasiswa diketahui tiga menggunakan buku pelajaran saja, dan dua menggunakan sumber belajar lainnya. Dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan Kanji, hanya satu mahasiswa memiliki motivasi, kepercayaan diri, dan tidak memiliki kecemasan. Sedangkan empat mahasiswa lainnya memiliki motivasi, tetapi tidak memiliki kepercayaan diri dan memiliki kecemasan. Dari hasil belajar Kanji diketahui bahwa kelima responden memiliki nilai di atas rata-rata kelas, sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi memiliki peran terbesar dibandingkan kepercayaan diri dan kecemasan.

Referensi

Aljumah, F. H. (2020). Second Language Acquisition: A Framework and Historical Background on Its Research. English Language Teaching, 13(8), 200. https://doi.org/10.5539/elt.v13n8p200
Budiman, M. (2015). Kecemasan Berbahasa Asing (Bahasa Arab). Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 5(2), 109–131.
Chopard, K., & Przybylski, R. (2021). Methods Brief: Case Studies.
Dörnyei, Z., & Ushioda, E. (2011). Teaching and Researching Motivation 2nd Edition Applied Linguistics in Action 2010.
Ellis, R. (2015). Understanding Second Language Acquisition 2nd Edition: Second Edition (Oxford Applied Linguistics) (2nd ed.). Oxford University Press.
Hayato, S., & Takashi, M. (2020). 会話ケースについての研究 A Study on the Conversation Cases of Higher Groups and Lower Groups in Self-efficacy of Approval in " MANABIAI " Classes in Junior High School Science. 35(4), 9–12.
Kartika, D., & Aviani, Y. I. (2023). Hubungan Dukungan Sosial dengan Kecemasan Akademik Selama Pembelajaran Daring pada Siswa SMA Negeri di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2369–2374.
Koltko-Rivera, M. E. (2006). Rediscovering the later version of Maslow’s hierarchy of needs: Self-transcendence and opportunities for theory, research, and unification. Review of General Psychology, 10(4), 302–317. https://doi.org/10.1037/1089-2680.10.4.302
Krashen, S. D. (1982). Principles and Practice in Second Language Acquisition (1st ed.). Pergamon Press.
Muslich, M., & Santosa, A. (2014). Pemerolehan Bahasa Pertama. In Teori Belajar Bahasa (pp. 1–51). Universitas Terbuka.
Yuki, M. (2009). Kanji Learning Strategies: From the Viewpoint of Learners with Non-kanji Background. Papers in Teaching Japanese as a Foreign Language, 19, 143–150.

Diterbitkan

2024-06-29