PEMBENTUKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI MELALUI BUKU AJAR DOKUSAKU I

  • Balqis Syaifia Universitas Negeri Jakarta
  • Frida Philiyanti Universitas Negeri Jakarta
  • Dwi Astuti Retno Lestari Universitas Negeri Jakarta
Kata Kunci: century skills, teaching materials, communication, collaboration

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan keterampilan abad 21 komunikasi dan kolaborasi peserta didik melalui penggunaan buku ajar Dokusaku I "Nobinobi Yomikaki". Munculnya pandemi COVID-19 yang berpengaruh pada kegiatan pembelajaran sangat mempengaruhi keterampilan peserta didik. Sedangkan tuntutan kebutuhan keterampilan dalam bertahan menghadapi tantangan kehidupan abad 21 semakin pesat. Hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini, oleh karena itu peneliti melakukan penelitian terhadap pembentukan keterampilan abad 21 pada peserta didik melalui buku ajar yang telah dikembangkan sesuai dengan keterampilan abad 21. Analisis pada penelitian ini mengacu pada kriteria aspek keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang dikemukakan oleh Fadel dan Triling, juga berpatokan pada teori pendekatan keterampilan komunikasi dan kolaborasi oleh Masukawa. Metode yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah dekskriptif kualitatif. Temuan dari penelitian ini adalah terbentuknya keterampilan komunikasi dan kolaborasi dengan menggunakan buku ajar Dokusaku I "Nobinobi Yomikaki". Keterampilan komunikasi dan kolaborasi paling sering terjadi pada sub bab hanashiaimashou (mari berdiskusi), karena pada sub bab ini terdapat semua indikator kedua keterampilan tersebut. Bukan hanya sekedar asal bicara, melainkan memenuhi kriteria esensial keterampilan komunikasi dan kolaborasi.

Referensi

Chambers, J. (2012). 21st Century Standards Rubrics. Washington Office of Superintendent of Public Instruction. www.k12.wa.us
Erdoğan, V. (2019). Integrating 4c skills of 21st century into 4 language skills in efl classes. International Journal of Education and Research , 7(11), 113–124. www.ijern.com
Fullan, M. & Langworthy, M. (2014). A rich seam: how new pedagogies find deep learning. London: Pearson.
Germaine, R. et al. (2016). Purposeful use of 21st century skills in higher education. Journal of Research in Innovative Teaching, 9(1), 19-27. https://assets.nu.edu/
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Kemdikbud. (online). (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah, diakses 20 Februari 2023).
Lisa, N. W. N., Sujana, I. W., & Suadnyana, I. N. (2018). Hubungan antara sikap komunikatif sebagai bagian dari pengembangan karakter dengan kompetensi inti pengetahuan ips. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 121-128. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15391
Masukawa, H. (2019). 第7回 21世紀型スキルのための授業づくり. Mirai no Manabi. (online). (https://mirainomanabi.up-edu.com/column/theme03/1384/, diakses 10 Maret 2023)
Partnership for 21 st century skills. (2015). Partnership for 21st century skills-core content integration. 1–70. www.P21.org.
Philiyanti, F. (2017). The impact of learning community in japanese reading learning model through contextual approach. Journal of Education and Practice, 8(32), 142–146. https://iiste.org/
Philiyanti, F., & Rismorlita, C. E., Hakim, R. F., dkk (2021). Kelayakan bahan ajar membaca bahasa jepang tingkat pemula berbasis keterampilan abad 21. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni 2021, 1, 77–82. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosiding_fbs/issue/view/1453
Setyorini. (2020). Pandemi covid-19 dan online learning : apakah berpengaruh terhadap proses pembelajaran pada kurukulum 13? Journal of Industrial Engineering and Management Research, 1(1), 95–102. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1.31
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills, enhanced edition: learning for life in our times. San Francisco: Jossey-Bass.
Diterbitkan
2024-06-29