PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMAINAN KARTU READ OR PUNISHMENT PADA PENGUASAAN HURUF HIRAGANA

  • Ade Wahyuni Padang
  • Ade Wahyuni padang
Kata Kunci: Kooperatif team games tournament, permainan kartu read or punishment, huruf Hiragana.

Abstrak

Pengusaan huruf Hiragana sangat diperlukan dalam mempelajari bahasa Jepang. Jumlah huruf yang banyak membuat siswa kesulitan dalam mempelajarinya dan terkadang siswa juga merasa bosan untuk menuliskannya di buku. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang inovatif dalam penguasaan huruf Hiragana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament  (TGT) dengan permainan kartu read or punishment pada penguasaan Hiragana dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Team Games Tournament  (TGT) dengan permainan kartu read or punishment pada penguasaan Hiragana. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Sumber data yaitu siswa kelas X SMA N 10 Padang yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes soal postest, non tes meliputi lembar observasi dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebagian besar siswa merespon positif dilihat dari nilai siswa yang mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil prosentase total keseluruhan nilai jawaban postest dan angket siswa berada pada kategori baik dan sangat baik.  Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan dan respon siswa terhadap model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan permainan kartu read or punishment pada penguasaan huruf hiragana ini dapat dipergunakan sebagai alternatif pembelajaran penguasaan huruf hiragana.

 

Kata kunci : Kooperatif team games tournament, permainan kartu read or punishment,  

                    huruf Hiragana.

Referensi

Kooperatif team games tournament, permainan kartu read or punishment,
huruf Hiragana.
Diterbitkan
2022-12-05