PRAKTIK BAIK METODE TPS BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN MODIFIKASI PERMAINAN ULAR TANGGA DI SMPK ETIKA DHARMA

  • Irina Floretta Tunjung Sari SMPK Etika Dharma

Abstrak

Penelitian ini didasari situasi dalam pembelajaran Bahasa Jepang di SMPK Etika Dharma bahwa siswa kurang menguasai kosakata dan belum menunjukkan sikap percaya diri sehingga penguasaan materi belum maksimal. Latar belakang kondisi ini disebabkan guru belum menggunakan pendekatan dan strategi pengajaran kosakata Bahasa Jepang yang tepat, materi pembelajaran telah dikembangkan sesuai dengan tingkat menegah namun belum didukung media pembelajaran menarik sesuai tingkat kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektifitas praktek baik metode pembelajaran dan media pembelajaran interaktif yang didesain untuk mengatasi permasalah tersebut. Praktek pembelajaran ini penting diteliti keefektifannya agar dapat didiseminasikan sebagai praktik baik meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang dengan mengoptimalkan partisipasi siswa melalui time-think-pair-share dan media pembelajaran interaktif serta modifikasi pernainan ular-tangga yang dapat memotivasi dan menginspirasi rekan guru. Hasil analisis data menunjukkan ada nya peningkatan hasil belajar setelah penggunaan metode TPS dan keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif canva 95,33%, wordwall 91,23%, padlet 95,58% serta penggunaan modifikasi permainan ular-tangga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa praktek baik yang dilakukan termasuk efektif.

Referensi

Adminlp2m. (2002). Mengenal Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 4D. Medan. UMA
Akbar, dkk. (2013). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.
Educhannel. 2021. Webpendidikan. Bali. https://educhannel.id/blog/artikel/model-pembelajaran-think-pair-share.html diunduh Oktober 2023.
Hilmi, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Lantanida. 4(2): 128-135.Banda Aceh:Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Kagan. 2016. 59 Kagan Structures-Proven Engagement Strategies. San Clamente: Kagan Publish.
Kaspul. (2022). Pengembangan Media pembelajaran Modul Elektronik berbasis Flip Pdf. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol 1 No 2 Maret 2022. Banjarmasin: ULM.
Kholisti. (2018). Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa Jepang Siswa Kelas X Bahasa SMA Negeri 12 Semarang. Skripsi Fakultas Bahasa dan Seni. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
McCoy. 2015. Teknik pembelajaran koperatif bahasa Inggris: Snowball. Australia: Margareth River High School.
Muthmainnah. 2016. Pengembangan ular tangga modifikasi untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol 9 no 1
Willy. (2017). Efektifitas penggunaan media pembelajaran kartu huruf Jepang pada pelajaran Bahasa Jepang terhadap penguasaan kosakata Bahasa Jepang siswa kelas X SMA Negeri Magelang. Skripsi Fakultas Bahasa dan Seni. Magelang: UNM.
Diterbitkan
2023-12-15