PENERAPAN MODEL KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA DAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG DI KELAS XI IPA 5 SMAN 2 SINGARAJA TAPEL 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.21009/kagami.132.05Kata Kunci:
Kooperatif STAD, Kosakata, Pola KalimatAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan penguasaan kosakata dan pola kalimat dalam bahasa Jepang setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif STAD di Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2021/2022 dan (2) tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi terlibat, tes, dan kuesioner. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) model pembelajaran Kooperatif STAD untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan pola kalimat terhadap siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2021/2022 tergolong sangat baik ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dari tes awal sebesar 31.6, kemudian pada post-test I sebesar 47.1, pada post-test II sebesar 72.0, dan post-test III sebesar 85.9. (2) Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Kooperatif STAD positif. Sebagian besar siswa merasa terbantu dalam kegiatan pembelajaran, motivasi siswa menjadi bertambah, siswa merasakan adanya peningkatan penguasaan kosakata dan pola kalimat, siswa menyukai teknik mengajar dengan menggunakan model Kooperatif STAD, dan siswa tidak merasa kesulitan dalam memahami kosakata maupun pola kalimat bahasa Jepang selama pembelajaran.
Referensi
Agung, I Gusti Ngurah. 2014. Manajemen Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Midi. 2012. Struktur Kalimat Dalam Bahasa Jepang. Tersedia pada http://midikun.blogspot.com/2012/08/struktur-kalimat-bahasa-jepang.html. (Diakses pada tanggal 13 Pebruari 2021 pukul 08:59)
Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Jakarta.
Pusat bahasa, ed.3. – cet.3. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Swandari, Maheni. 2013. Penggunaan Teknik Permainan Domino Card untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang pada Siswa Kelas XI Bahasa 2 SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2012 – 2013. Tugas Akhir: UNDIKSHA Singaraja.