EVALUASI BAHAN AJAR MATAKULIAH KYOUJUHOU

“PERAN GURU DAN METODE PENGAJARAN BAHASA JEPANG”

Penulis

  • Dwi Astuti Retno Lestari Universitas Negeri Jakarta
  • Nia Setiawati Universitas Negeri Jakarta
  • Tia Ristiawati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/kagami.152.01

Kata Kunci:

evaluasi, bahan ajar, kyoujuhou

Abstrak

Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta menetapkan pengajar bahasa Jepang sebagai profil lulusannya. Untuk mencapai profil lulusan tersebut, disusunlah serangkaian matakuliah yang mendukung, salah satunya Nihongo Kyoujuhou.  Nihongo Kyoujuhou merupakan matakuliah yang membekali mahasiswa tentang metodologi pengajaran bahasa Jepang. Akan tetapi pengamatan terhadap Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) dan evaluasi hasil belajar menunjukkan bahwa mahasiswa masih belum baik dalam keterampilan mengajarnya. Salah satu faktor penyebabnya adalah bahan ajar yang dipergunakan. Mulai tahun ajaran 2019/2020, perkuliahan Nihongo Kyoujuhou menggunakan buku “Peran guru dan Pengajaran Bahasa Jepang” yang dikembangkan oleh staf pengajar prodi. Penelitian ini melakukan analisis terhadap buku ajar tersebut dengan tujuan untuk memberi informasi terhadap prodi dan pengajar tentang efektivitas buku tersebut serta kepada pengarang buku demi perbaikan selanjutnya. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa buku ajar “Peran Guru dan Metode Pengajaran Bahasa Jepang” berkategori sangat baik dari aspek kelayakan bahasa dan kelayakan isi. Sementara aspek kelayakan penyajian berkategori baik. Sehingga buku ini dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai buku pegangan dalam matakuliah Nihongo Kyoujuhou yang bertujuan membekali mahasiswa untuk dapat melakukan PKM. Namun hasil penelitian juga menunjukkan perlunya buku/referensi lain sebagai tambahan agar cukup membekali mahasiswa untuk PKM.

Referensi

Asih, Nur Saadah, Yuniarsih, Nia Setiawati. (2018). Analisis Performa Mahasiswa Pada Latihan Mengajar di Matakuliah Nihongo Kyoujuhou. Laporan Penelitian, tidak diterbitkan.

Cunningsworth, A. (1995). Chooshing Your Coursebook. Oxford: Macmillan Heinemann English Language Teaching.

Ghazali, A. Syukur. (2010). Pembelajaran Ketrampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kubota, Yoshiko. (2006). Nihongo Kyoushi no Yakuwari/Koosu Dezain. Tokyo: Hitsuji Shobou.

Lestari, L. (2016). Analisis Kelayakan Buku Ajar Sakura 3 yang digunakan di SMAN 15 Semarang. (Skripsi, Universitas Negeri Semarang).

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 311-326.

Razmjoo, S. A. (2010). “Developing a textbook evaluation scheme for the expanding circle”. Iranian Journal of Applied Language Studies, Vol.2, No.1, 2010, hal. 121-136

Retnani, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pemerolehan Bahasa Kedua Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unesa. ASA, 4(1).

Sadjati, I. M. (2012). Pengembangan bahan ajar. Modul Perkuliahan. Universitas Terbuka.

Wahyuningtias, H. (2017). Evaluasi buku teks pelajaran bahasa Jepang tingkat dasar “Minna No Nihongo”. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 11-20.


Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar, 238.

Wulandari, R. (2017). Analisis Buku Ajar Marugoto: Bahasa dan Kebudayaan Jepang A1 Ditinjau dari Ranah Kognitif Taksonomi Bloom (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Diterbitkan

2024-12-30