UPAYA PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU SMK DI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA DALAM PEMANFAATAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY MELALUI PELATIHAN PERANCANGAN WEBSITE BERBASIS WORDPRESS
Keywords:
teacher competence, website, wordpressAbstract
Teachers are the spearhead that can shape the character and spirit of the Indonesian nation, both the good and bad of the nation is very dependent on the teacher. How great is the role of the teacher, so that teachers are needed who are professional, creative, innovative, have a high willingness to continue learning, and are literate in information technology, so they are able to keep abreast of the times.
Website is an internet facility that can display information interactively. Through the website, users can exchange information so they can follow the development of science and technology quickly. Website provide many benefits if used wisely. However, in reality there are still many teachers who have not been able to increase their professional potential in developing websites. For this reason, a WordPress-based website design training program was designed for teachers of SMK Negeri 26 Jakarta. This training uses the "Student Centered Learning" approach to the project-based learning model. The method used is the method of discussion, demonstration, and performance. Indicators of success in this training are: trainees can design a personal site based on WordPress. The resulting output in the form of articles in a journal, publication in online media, and publication of video activities on Youtube. Suggestions for further training are: training time should be longer, and training should be held outside of school or during school breaks, so that training participants can be more focused and not be constrained by teaching schedules.
Abstrak
Guru merupakan ujung tombak yang dapat membentuk watak dan jiwa bangsa Indonesia, baik buruknya bangsa sangat tergantung pada guru. Betapa besarnya peran guru, hingga diperlukan guru yang profesional, kreatif, inovatif, mempunyai kemauan tinggi untuk terus belajar, dan melek terhadap teknologi informasi, sehingga mampu mengikuti perkembangan zaman. Website merupakan fasilitas internet yang dapat menampilkan informasi secara interaktif. Melalui website, user dapat saling bertukar informasi sehingga dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cepat. Website memberikan banyak manfaat jika digunakan secara bijak. Namun, kenyataannya masih banyak guru yang belum dapat meningkatkan potensi diri secara profesional dalam mengembangkan website. Untuk itulah dirancang kegiatan pelatihan perancangan website berbasis WordPress bagi guru SMK Negeri 26 Jakarta. Pelatihan ini menggunakan pendekatan “Student Centered Learning” dengan model pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan adalah metode diskusi, demonstrasi, dan unjuk kerja. Indikator keberhasilan dalam pelatihan ini adalah: peserta pelatihan dapat merancang situs pribadi berbasis WordPress. Luaran yang dihasilkan berupa artikel pada sebuah jurnal, publikasi di media online, dan publikasi video kegiatan di Youtube. Saran bagi pelatihan berikutnya adalah: waktu pelatihan hendaknya lebih panjang, dan pelatihan hendaknya diselenggarakan di luar sekolah atau pada waktu libur sekolah, agar peserta pelatihan dapat lebih fokus dan tidak terkendala oleh jadwal mengajar.