Pemanfaatan Platform Digital Sebagai Pemasaran Produk Lokal Desa Pengampon
DOI:
https://doi.org/10.21009/abditek.051.01Keywords:
Desa, Platform Digital, Transformasi DigitalAbstract
Transformasi digital telah mengubah lanskap bisnis secara mendasar, terutama dalam strategi pemasaran. Pemnafaatan Platform digital tidak hanya berkembang diperkotaan, akan tetapi juga sudah masuk dipedesaan, salah satunya adalah desa pengampon, kecamatan kabuh, kabupate jombang. Akan tetapi kurangnya pemahaman SDM setempat terhadap digitalisasi, perubahan tersebut belum dianfaatkan secara maksimal, khusunya berkaitan memasarkan produk lokal desa. Sehingga diperlukan pelatihan tentang digitalisai melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menambah pemahaman dan kopetensi masyarakat dalam memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan produk lokal. Metode diterapkan meliputi pemaparan materi, diskusi dan praktik oleh peserta. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan dalam pemahaman dan keterampilan peserta, dengan rata-rata sebesar 91,48% dan peningkatan pemahaman materi sebesar 98%. Ini menegaskan bahwa pelatihan berbasis praktik yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta sangat efektif dalam meningkatkan kompetensi digital. Dengan demikian, pemanfaatan platform digital yang efektif akan meningkatkan pemasaran produk lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi pedesaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ach Muzajjad, Raela Adillah, Syarifatun Nirmala, Putri Antasya, Ika Nur Khofifa, Fa'achsani Inatsan Fauzi, Usman Hari Syaid, Rindi Aili Shochifah, Ria Novi Rahma Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.