PELATIHAN KETERAMPILAN PERAWATAN KULIT WAJAH DENGAN DAUN KELOR DALAM MEMANFAATKAN POTENSI LINGKUNGAN PADA MASYARAKAT TANGERANG SELATAN

  • Eti Herawati Universitas Negeri Jakarta
  • Lilies Yulastri Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Abstract 

Beauty is part of a woman's lifestyle. The arrangement of beauty is the art of beautifying and beautifying the appearance that serves to change the deficiencies that are in the direction of being near perfect, that beauty will not last. Over time, beauty will decrease with signs starting to wrinkle and look unhealthy. South Tangerang is an area that has fertile and prosperous land where in the environment there are many trees that thrive so that they produce several kinds of fruit, from which some of them are sold. Fruits produced in the village include avocado, papaya, aloe vera, urang aring leaves, kelor leaves and so on. Besides being consumed, fruits and leaves can also be used for skin care. However, there are still few who use it for the skin care field. Then there is a need for training for the community located in South Tangerang. The stages that must be done are field surveys, preparing tools and materials, conducting training (knowledge and practice). This community service uses information discussion methods, demonstrations, guidance and training. The results of the activities that have been carried out have a positive impact on the community specifically for mothers who take skills training. The community knows what tools and materials should be prepared and how to apply facial skin care ingredients produced from Moringa leaves. The benefit of this activity is to increase the skills of the community skills and reduce the occurrence of errors in exploiting the potential of the special environment of Moringa leaves.

Abstrak 

Kecantikan adalah bagian dari gaya hidup wanita. Tata kecantikan merupakan seni mempercantik dan memperindah penampilan yang berfungsi untuk mengubah kekurangan-kekurangan yang ada ke arah  yang mendekati  sempurna, kecantikan itu tidak akan abadi. Seiring dengan waktu, kecantikan akan mengalami penurunan dengan tanda-tanda mulai berkerut dan terlihat tidak sehat. Tangerang selatan merupakan daerah yang mempunyai tanah subur dan makmur dimana dilingkungan tersebut banyak sekali pohon-pohon yang tumbuh subur sehingga menghasilkan beberapa macam buah, dari sebagian mereka  hasil pertanian tersebut  dijual.  Buah-buahan yang dihasilkan di desa di antaranya alpukat, pepaya, lidah buaya, daun urang aring, buah daun kelor dan sebagainya. Buah-buahan dan dedaunan tersebut selain bisa dikonsumsi bisa juga dipergunakan untuk perawatan kulit. Namun, disana masih sedikit yang memanfaatkannya untuk bidang perawatan kulit. Maka perlu adanya pelatihan untuk masyarakat yang berlokasi di Tanggerang Selatan. Adapun tahapan yang harus dilakukan adalah survey lapangan, mempersiapkan alat dan bahan, melakukan pelatihan (pengetahuan dan praktik). Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode diskusi informasi, demonstrasi, pembimbingan dan latihan. Adapun hasil kegiatan yang telah di laksanakan membawa dampak positif bagi masyarakat khusus nya ibu ibu yang mengikuti pelatihan keterampilan. Masyarakat menjadi tahu apa saja alat dan bahan  yang harus di persiapkan dan bagaimana cara mengaplikasikan bahan perawatan kulit wajah yang di hasilkan dari daun kelor. Manfaat dari kegiatan ini adalah meningkatnya keahlian keterampilan masyarakat dan mengurangi timbulnya kesalahan dalam memanfatkan potensi limgkungan khusus nya daun kelor.

Published
2023-03-15