PENILAIAN BAHAN AJAR MODUL DESAIN BUSANA MATERI STYLE (GAYA BUSANA)

Authors

  • Enge Ulina Mahraz Universitas Negeri Jakarta
  • Wesnina Wesnina Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/pftej.v1i2.26107

Keywords:

Penilaian, Modul, Desain Busana Gaya Busana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian bahan ajar berbentuk modul dengan materi style (Gaya Busana). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dengan teknik analisis data Kuantitatif Deskriptif, pre-eksperimen dengan one shut case study menggunakan variable tunggal yaitu variable modul desain busana materi gaya busana. Dengan indikator penelitian aspek materi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, pembelajaran diri sendiri (self instruvtion), satu kesatuan (self contained), berdiri sendiri (stand alone), penyesuaian diri (adaptive), dan ramah penggun (user friendly) menggunakan instrument kuesioner (angket) tertutup-terbuka dengan jawaban panelis untuk data pendukung sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara keseluruhan penilaian modul Desain Busana Materi Style (Gaya Busana) berdasarkan ahli materi dan ahli media berada pada kategori sangat baik sebesar 82,5%. Prosentase kelayakan materi 82% dimana perolehan tertinggi pada aspek penyajian dengan prosentase 87,5%, dikategorikan Sangat Baik. Aspek media sebesar 82,81% dimana perolehan tertinggi pada aspek berdiri sendiri (Stand Alone) sebesar 87,5%, dan pada aspek mudah digunakan (User Friendly) dengan prosentase 87,5%. Modul dapat dikatakan baik karena modul desain busana materi style (gaya busana sudah memenuhi kriteria berdasarkan ahli materi dan ahli media. Aspek berdiri sendiri (stand alone) dan aspek mudah digunakan (user friendly) adalah aspek tertinggi yang mempengaruhi hasil penelitian ini.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Ulina Mahraz, E. ., & Wesnina, W. (2021). PENILAIAN BAHAN AJAR MODUL DESAIN BUSANA MATERI STYLE (GAYA BUSANA). Practice of Fashion and Textile Education Journal, 1(2), 62–74. https://doi.org/10.21009/pftej.v1i2.26107