PENILAIAN BAHAN AJAR MODUL MENGGAMBAR MODE MATERI PENYELESAIAN GAMBAR DESAIN BUSANA
DOI:
https://doi.org/10.21009/pftej.v2i1.26125Keywords:
Penilaian, Modul, Menggambar Mode Penyelesaian Gambar Desain BusanaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian bahan ajar berbentuk modul dengan materi penyelesaian gambar desain busana berdasarkan aspek bahan ajar dan aspek karakteristik modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pr-Eksperimental dengan desain One-Shot Case Study. Penelitian ini menggunakan indikator penilaian aspek bahan ajar yaitu aspek materi, aspek penyajian, dan aspek kebahasaan, dan 5 karakteristik modul yaitu self instructional (pembelajaran diri), self contained (satu kesatuan), stand alone (berdiri sendiri), adaptive (menyesuaikan diri), dan user friendly (mudah digunakan). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara keseluruhan penilaian modul menggambar mode materi penyelesaian gambar desain busana berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli modul, modul ini berada pada kategori Sangat Baik (SB) dengan presentase rata-rata sebesar 92%. Modul dapat dikatakan sangat baik karena modul menggambar mode materi penyelesaian gambar desain busana telah memenuhi kriteria berdasarkan ahli materi dan ahli modul. Penilaian dari ahli modul memperoleh nilai skor tertinggi dengan skor 92,32% dengan hasil yang dapat dikatakan Sangat Baik (SB). Penilaian ahli materi berada pada urutan kedua dengan memperoleh nilai skor 91,75% dengan hasil yang dapat dikatakan Sangat Baik (SB). Sedangkan aspek dari keseluruhan penilaian, aspek tertinggi yang mmepengaruhi hasil penilaian penelitian ini adalah aspek self contained (satu kesatuan) memperoleh nilai skor 100% dan aspek self instructional (pembelajaran sendiri) memperoleh skor terendah dengan nilai skor 89,81%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Practice of Fashion and Textile Education Journal this site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License