KELAYAKAN MODUL PEMILIHAN BAHAN BUSANA PENGANTIN PADA MATA KULIAH BUSANA WANITA 3

Authors

  • Suci Amalia Universitas Negeri Jakarta
  • Suryawati Suryawati Universitas Negeri Jakarta
  • Harsuyanti Rawiyah Lubis Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/pftej.v2i2.26663

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk penilaian kelayakan bahan pembelajaran berbentuk modul dengan materi bahan busana pengantin dalam mata kuliah busana wanita 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-Experimental dengan desain One-Shot Case Study. Teknik analisis data yang digunakan Kuantitatif Deskriptif. Menggunakan variabel tunggal yaitu variabel bahan ajar modul Busana Wanita 3 Materi Bahan Busana Pengantin. Penelitian ini menggunakan indikator penilaian bahan ajar dengan aspek materi, aspek penyajian, dan kebahasaan, dan berdasarkan 5 karakteristik modul yaitu pembelajaran diri (self-instruction), satu kesatuan (self-contained), berdiri sendiri (stand alone), menyesuaikan diri (adaptive), dan mudah digunakan (user friendly). Hasil penelitian menyatakan  bahwa modul pembelajaran Busana Wanita 3 Materi Bahan Busana Pengantin dengan memperoleh persentase rata-rata 82,5% sebagai bahan ajar modul. Penilaian berdasarkan nilai tertinggi aspek bahan ajar, pada aspek materi dengan persentase 80% karena aspek materi modul Busana Wanita 3 tersusun sistematis sesuai dengan acuan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Aspek media dengan penilaian tertinggi didapatkan pada aspek User Friendly dengan persentase 94% , karena aspek media disusun dengan bahasa yang komunikatif sehingga bagi pengguna mudah dipahami. Penilaian berdasarkan nilai terendah dalam aspek bahan ajar, pada aspek kebahasan dengan persentase 75%. Nilai terendah pada aspek media terdapat pada aspek satu kesatuan (Self Contained), persentase 75%.

Downloads

Published

2022-04-02

How to Cite

Suci Amalia, Suryawati, S., & Rawiyah Lubis, H. (2022). KELAYAKAN MODUL PEMILIHAN BAHAN BUSANA PENGANTIN PADA MATA KULIAH BUSANA WANITA 3. Practice of Fashion and Textile Education Journal, 2(2), 82 – 97. https://doi.org/10.21009/pftej.v2i2.26663