FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA DALAM KEPUTUSAN MEMILIH PERGURUAN TINGGI MODE DI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/pftej.v3i2.38298Abstract
Pertumbuhan industri ekonomi kreatif yang pesat khususnya bidang fashion serta prospek perkerjaan semakin meluas, mendorong pertumbuhan Perguruan Tinggi Mode di Indonesia. Adanya potensi jumlah siswa yang signifikan terhadap perguruan tinggi Mode mendorong peneliti mengukur pengaruh faktor minat, sosial, lokasi dan biaya terhadap minat siswa kelas menengah atas (SMA) dalam keputusan memilih Perguruan Tinggi Mode. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan software smart PLS. Sampel pada penelitian ini sebanyak 86 responden siswa menengah atas berlokasi di Jakarta menggunakan teknik sampling purposive melalui kuesioner disebarkan secara online. Teknik analisis data menggunakan uji analisis mediasi model reflektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaruh minat terhadap keputusan sebesar (0,442) dengan t statistik (5,269 >1,96) atau p value (0,000<0,05) menunjukan hipotesis (H1) diterima. Pengaruh biaya terhadap minat sebesar (0,104) dengan t statistik (0,991 < 1,96) atau p value (0,322 > 0,05) menunjukan hipotesis (H2 ditolak). Pengaruh lokasi terhadap minat sebesar (0,448) dengan t statistik (4,127 >1,96) atau p value (0,000<0,05) menunjukan hipotesis (H3 diterima). Pengaruh sosial terhadap minat sebesar (0,218) dengan t statistik (2,267 >1,96) atau p value (0,024<0,05) menunjukan hipotesis (H4) diterima.
siswa,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Practice of Fashion and Textile Education Journal this site and metadata is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License