Pendampingan penyusunan evaluasi pembelajaran bagi guru PPKn SMP di Kabupaten Ogan Komering Ilir
DOI:
https://doi.org/10.21009/satwika.030107Keywords:
Pendampingan, penyusunan, evaluasi pembelajaranAbstract
ABSTRAK
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk untuk memberikan
pengetahuan kepada guru PPKn SMP Kabupaten Ogan Komering Ilir mengenai perangkat
evaluasi pembelajaran dan meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun evaluasi
pembelajaran sesuai dengan kurikulum tahun 2013 dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Sasaran kegiatan kegiatan yaitu guru yang tergabung dalam musyawarah guru
matapelajaran PPKn SMP. Kegiatan diawali dengan memberikan pretest untuk mengukur
pengetahuan awal guru mengenai instrumen evaluasi pembelajaran, kemudian
penyampaian materi evaluasi pembelajaran mata Pelajaran PPKn berbasis keterampilan
berpikir tingkat tinggi. Kemudian pemberiaan post test untuk melihat peningkatan
pengetahuan guru mengenai instrumen evaluasi pembelajaran. Nilai rata-rata pretest yang
diperoleh guru yaitu 38 dan nilai rata-rata post test adalah 78 dimana terdapat peningkatan
0,33%. Kegiatan terakhir adalah pendampingan penyusunan evaluasi pembelajaran dimana
guru diminta membuat produk berupa soal matapelajaran PPKn SMP berbasis keterampilan
berpikir tingkat tinggi boleh soal pilihan ganda maupun soal uraian. Berdasarkan produk
yang dibuat oleh guru diketahui bahwa kesesuaian dengan indikator pembelajaran 84,4%
dengan katagori sangat baik, selanjutnya ketepatan pemilihan kata kerja operasional
berdasarkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (C4-C6) yaitu 90,37 dengan katagori sangat
baik serta kesesuaian tahapan pembuatan soal berdasarkan keterampilan berpikir tingkat
tinggi yaitu 91,1 % dengan katagori sangat baik.
References
Destiniar, Anggria SM, Nyiayu FF, Dina O, Yunika LN, Allen MR, Asnurul I. (2020). Pelatihan Penyusunan Soal Hots Untuk Mengembangkan Kemampuan Pedagogik Guru. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4 (1), 163-170.
Fauzi, Moh. Ferry, Ahmad Fatoni, Irma Anindiati. (2020). Pelatihan Peningkatan Kualitas Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Information Dan Communication Technology (Ict) Untuk Pengajar
Bahasa Arab. Jurnal Terapan Abdimas, 5 (2), 173-181. DOI: http://doi.org/10.25273/jta.v5i2.5620
Merta, I Wayan, Nur Lestari, Dadi Setiadi. (2019). Teknik Penyusunan Instrumen Higher Order Thinking Skills (Hots) Bagi Guru-Guru Smp Rayon 7 Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2 (1), 48-53
Ridho, Ubaid. (2018). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabigho: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20 (1), 19-44. DOI: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124
Ristati, Iwan F, Maria AL, Lesly MCM, Yoskapela. (2021). Pelatihan Merancang Rpp Berbasis Tpack Dalam Konteks Hots. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5 (2), 41-54. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.2153
Wahyuningtyas, Neni & Nurul Ratnawati. (2018). Workshop Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Bagi Guru-Guru Mgmp Ips Kabupaten Malang Pelatihan Penyusunan. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial. 1 (2), 73-79. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um032v0i0p73-79
Yusron, Rifky Maulana, Rica W, Anindita TN. (2020). Pelatihan Pembuatan Google Formbagi Guru SD Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10 (3), 182-188. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15055
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In developing strategy and setting priorities, SATWIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
SATWIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.