Pendampingan dan Pengenalan Kurikulum Merdeka Bagi Guru

Authors

  • Camellia Camellia Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia
  • Alfiandra Alfiandra Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia
  • Emil El Faisal Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia
  • Rini Setiyowati Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia
  • Ulya Rosidafi Sukma Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/satwika.020201

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pendampingan, Pengenalan

Abstract

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada guru di kabupaten Ogan Ilir mengenai kurikulum merdeka. Sasaran kegiatan ini yaitu guru yang aktif mengajar di SMPN 1 Indralaya dan guru MGMP PPKn SMP Ogan Ilir. Kegiatan diawali dengan memberikan pretest untuk mengukur pengetahuan awal guru mengenai kurikulum merdeka, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait kurikulum merdeka. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian posttest untuk melihat peningkatan pengetahuan guru mengenai kurikulum merdeka. Nilai rata-rata Post yang diperoleh guru yaitu 57 dan nilai rata-rata posttest adalah 73 dimana terdapat peningkatan sebesar 0,16%. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diakhiri dengan pendampingan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dimana guru diminta membuat produk berupa modul ajar yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Berdasarkan produk yang dibuat oleh guru diketahui bahwa 80% guru yang mengikuti kegiatan sudah bisa membuat modul ajar dengan baik.

References

Arjihan, C., Putri, D., Rindayati, E., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam
Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–
27.
Effendi, M. (2022). Best Practice Outcomes Based Education Islamic Religious Education Curricullum; Implementation and Challenges in Higher Education Tri Dharma Activities. ICoIS: International Conference on Islamic Studies, 3(2), 480-484. Retrieved from https://ejournal.iaforis.or.id/index.php/icois/article/view/165
Ineu, S., Teni, M., Yadi, H., Asep, H. H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka
Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258.
https://media.neliti.com/media/publications/444639-none-ee780f83.pdf
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa
Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,
4(4), 5150–5161. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3106
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86.https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Marisa, M. (2021). Cirriculum Innovation “Independent Learning” in the Era of Society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi
Restu Rahayu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Herry Hernawan, P. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357
Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296
Yasmansyah, Y., & Sesmiarni, Z. (2022). Konsep Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.12

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Camellia, C., Alfiandra, A., El Faisal , E., Setiyowati , R., & Sukma, U. R. (2022). Pendampingan dan Pengenalan Kurikulum Merdeka Bagi Guru . Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 63–74. https://doi.org/10.21009/satwika.020201