Pendampingan Pembuatan Multimedia Interaktif Bagi Guru-Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kabupaten Muara Enim
DOI:
https://doi.org/10.21009/satwika.040204Keywords:
Multimedia Interaktif, Guru, PPKnAbstract
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memiliki peran penting dalam pembentukan karakter bangsa, khususnya di sekolah. Namun, banyak guru yang masih kesulitan memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan pembelajaran di era digital. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan mendampingi guru-guru SMP PPKn di Kabupaten Muara Enim dalam pembuatan dan penggunaan multimedia interaktif sebagai alat bantu pembelajaran. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, pelatihan intensif, pendampingan langsung, dan evaluasi. Hasil menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam merancang materi berbasis multimedia, dengan rata-rata pretest 62 dan postest 96. Produk media pembelajaran interaktif yang dihasilkan juga menunjukkan peningkatan kualitas dan kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi. Diharapkan media ini dapat digunakan dalam pembelajaran PPKn serta berkontribusi pada peningkatan kualitas.References
Armawi, S. A. S. (2018). Pendayagunaan Multimedia Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Jurnal Al Mabhats, 3(1), 01–23.
Azhar, Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali press.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Hartono, H., Lesmana, C., Permana, R., & Matsun, M. (2018). Pelatihan danpendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2),139-147. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/transformasi/article/view/587
Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC ) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1, 1–6.
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: ALFABETA
Nazalin, N., & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon untuk siswa kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221-236. http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/7359
Rukimin, R. (2016). Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 0(0), Article 0. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/9054
Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pres
Tüzün, H. dk. (2009). The effects of computer games on primary school students’ achievement and motivation in geography learning. Computers and Education, 52(1), 68–77.https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.06.008
Yasmansyah, Y., & Sesmiarni, Z. (2022). Konsep Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Umi Chotimah, Emil El Faisal, Camellia Camellia, Dini Amziyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In developing strategy and setting priorities, SATWIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
SATWIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.