Pendampingan Pembuatan Multimedia Interaktif Bagi Guru-Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kabupaten Muara Enim

Authors

  • Umi Chotimah Universitas Sriwijaya Pelmbang, Indonesia
  • Emil El Faisal Universitas Sriwijaya Pelmbang, Indonesia
  • Camellia Camellia Universitas Sriwijaya Pelmbang, Indonesia
  • Dini Amziyah Universitas Sriwijaya Pelmbang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/satwika.040204

Keywords:

Multimedia Interaktif, Guru, PPKn

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memiliki peran penting dalam pembentukan karakter bangsa, khususnya di sekolah. Namun, banyak guru yang masih kesulitan memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan pembelajaran di era digital. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan mendampingi guru-guru SMP PPKn di Kabupaten Muara Enim dalam pembuatan dan penggunaan multimedia interaktif sebagai alat bantu pembelajaran. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, pelatihan intensif, pendampingan langsung, dan evaluasi. Hasil menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam merancang materi berbasis multimedia, dengan rata-rata pretest 62 dan postest 96. Produk media pembelajaran interaktif yang dihasilkan juga menunjukkan peningkatan kualitas dan kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi. Diharapkan media ini dapat digunakan dalam pembelajaran PPKn serta berkontribusi pada peningkatan kualitas.

References

Armawi, S. A. S. (2018). Pendayagunaan Multimedia Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Jurnal Al Mabhats, 3(1), 01–23.

Azhar, Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali press.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Hartono, H., Lesmana, C., Permana, R., & Matsun, M. (2018). Pelatihan danpendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2),139-147. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/transformasi/article/view/587

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC ) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1, 1–6.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: ALFABETA

Nazalin, N., & Muhtadi, A. (2016). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon untuk siswa kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221-236. http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/7359

Rukimin, R. (2016). Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan, 0(0), Article 0. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/9054

Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pres

Tüzün, H. dk. (2009). The effects of computer games on primary school students’ achievement and motivation in geography learning. Computers and Education, 52(1), 68–77.https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.06.008

Yasmansyah, Y., & Sesmiarni, Z. (2022). Konsep Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.12

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Chotimah, U., El Faisal, E., Camellia, C., & Amziyah, D. (2024). Pendampingan Pembuatan Multimedia Interaktif Bagi Guru-Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kabupaten Muara Enim. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 106–115. https://doi.org/10.21009/satwika.040204