METODE SOSIODRAMA: PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS SISWA DISABILITAS
Keywords:
Metode Sosiodrama; Kemampuan Berbahasa Inggris; Siswa DisabilitasAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa disabilitas di Sekolah Luar Biasa, Jakarta Selatan, Indonesia. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang menggunakan 6 (enam) siswa disabilitas ortopedi sebagai objek penelitian. Untuk mengumpulkan data, para peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Skala penilaian mengacu pada evaluasi yang direferensikan norma (norms referenced evaluation). Instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test dengan 3 (tiga) kriteria yang dinilai kepada siswa yaitu kosakata, kelancaran dan pemahaman. Mereka dibagi menjadi 9 (sembilan) elemen seperti ketepatan kata, memahami setiap kata, pilihan kata, intonasi, pengucapan, berbicara dengan mudah, memahami makna, diksi, struktur dan tata bahasa. Penelitian ini menemukan adanya peningkatan skor kosa kata dengan nilai 26,16, skor kelancaran dengan nilai 30,50, skor pemahaman dengan nilai 27,16 dan rata-rata skor adalah 27,94. Temuan penelitian menunjukkan pertama, metode sosiodrama ini dapat diterapkan baik untuk siswa normal fisik atau siswa disabilitas dan hasilnya efektif. Kedua, dapat disimpulkan bahwa keterbatasan fisik tidak membuat orang sulit mencapai prestasi mereka, itu dibuktikan dengan skor eskalasi dari proses pre-test ke post-test.