ANALISIS KORELASI ANTAR INSTRUMEN DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI PENSKORAN DALAM PENGUKURAN PENGETAHUAN GURU ILMU PENGETAHUAN ALAM
Keywords:
instrumen esai; penskoran esai berbantuan komputer; korelasi antar instrumen; reliabilitas antar penskorAbstract
Kelemahan dari pertanyaan pilihan ganda bukan validitas atau reliabilitas instrumennya, tetapi tingkat keaslian jawaban yang diberikan. Diperlukan instrumen lain yang otentisitas hasilnya lebih baik untuk mengukur pengetahuan guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara hasil UKG 2015 dan hasil tes menggunakan instrumen esai. Tujuan kedua mengetahui reliabilitas skor oleh penilai dan menggunakan program komputer. Penelitian melibatkan 30 guru IPA SMP di Provinsi Banten sebagai sampel, guru-guru tersebut adalah guru yang telah mengikuti UKG pada tahun 2015. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menerapkan convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan langsung untuk instrumen tes esai dan data hasil UKG diambil dari dokumen yang ada di LPMP Banten. Peskoran dilakukan oleh peneliti dan perangkat lunak UKARA yang dimiliki oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud. Analisis korelasi berdasarkan koefisien korelasi produk-momen Pearson dan reliabilitas penskor berdasarkan intraclass coefisien correlation (ICC). Hasil perhitungan menunjukkan korelasi positif yang kuat antara kedua hasil tes dengan nilai r = 0,61 dan tingkat signifikansi 0,01. Hasil tersebut menunjukkan bahwa guru yang mendapat skor tinggi di UKG cenderung menjawab pertanyaan esai lebih baik daripada guru yang mendapat skor UKG lebih rendah. Hasil perhitungan ICC antara penilai orang dan perangkat lunak UKARA adalah 0,62. Ini menunjukkan bahwa reliabilitas antar penskor masih di bawah level yang dianggap andal. Penelitian ini menunjukkan bahwa pertanyaan esai memiliki potensi sebagai instrumen untuk menguji pengetahuan guru dan berpotensi untuk diterapkan pada sejumlah besar peserta sama seperti instrumen pilihan ganda.