Membangun Karakter Peserta Didik Yang Toleran Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural

  • syafaatun nahriyah Universitas Majalengka
  • Nuruddin Araniri
  • Gilang Maulana Jamaludin
Keywords: Pendidikan Karakter, toleransi, pendidikan multikultural

Abstract

Indonesia adalah negara yang memiliki masyarakat yang beragam, sangat sensitif sekali terjadi gesekan-gesekan yang dikhawatirkan terjadi perpecahan. Toleransi beragama sebagai salah satu usaha untuk menjalin ukhuwah dan silaturahmi yang baik dengan berbagai lapisan masyarakat yang beragam untuk dapat saling mengenal. Dalam membangun karakter peserta didik tidak hanya memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara melanggar toleransi. Dalam penyusunan artikel ini dengan menggunakan analisis pembahasan topik utama terkait karakteristik peserta didk dan pendidikan multikultural dengan cara penelitian perpustakaan penelitian yang dilakukan untuk menggali dan menganalisis data yang bersumber dari dokumen yang tertulis. Sikap toleransi di lingkungan pendidikan akan mencegah terhadap beberapa konflik yang dapat mempengaruhi kenyamanan serta keberhasilan dalam belajar mengajar peserta didik. Perlunya pendidik dalam melakukan pembinaan yang baik kepada peserta dengan memahami latar belakang, sifat karakter masing-masing peserta didik serta lingkungan yang mempengaruhi. Pendidikan berbasis multikultural sering diartikan sebagai pendidikan yang mempunyai tujuan agar peserta didik menghargai keragaman budaya, etnik, banyaknya pemahaman keberagamaan yang ada di masyarakat. Muatan pendidikan multikultural harus diimplementasikan dalam tindakan baik di sekolah maupun di masyarakat dan diharapkan menjadi solusi terbaik untuk mengatasi konflik karena keragaman budaya, agama, suku, status sosial, dan lain-lain.

Published
2023-05-11